Connect With Us

Respon Menteri Susi, DLH Bareng Ganespa Angkuti Sampah Situ Tujuh Muara

Yudi Adiyatna | Kamis, 8 Maret 2018 | 14:00

Sekelompok masyarakat dari OKP Ganespa bersama puluhan personel Dinas Lingkungan Hidip (DLH) Tangs melakukan aksi turun langsung ke Situ Ciledug atau Tujuh Muara di Kelurahan Pondok Benda, Pamulang,Tangsel. (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Sekelompok masyarakat dari OKP Ganespa bersama puluhan personel Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tangs melakukan aksi turun langsung ke Situ Ciledug atau Tujuh Muara di Kelurahan Pondok Benda, Pamulang,Tangsel. Mereka mengangkut tumpukan sampah yang menumpuk di sekitar pinggiran permukaan air.

Aksi ini dilakukan Pasca viralnya cuitan dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kepada Wali Kota Tangsel Airin Rachmy Diany yang meminta agar Airin mem-follow up keluhan masyarakat soal kondisi memprihatinkan Situ 7 Muara di Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangsel.

Tumpukan sampah dan eceng gondok langsung diangkut ke mobil truk milik Dinas Lingkungan Hidup setempat.

"Ada satu unit truk yang tadi kami terjunkan ke lokasi," kata Kepala Bidang Persampahan DLH Kota Tangerang Selatan Wisman Syah, Kamis, (7/3/2018).

Ia menerangkan, program kebersihan pengangkutan sampah di situ-situ Kota Tangerang Selatan akan lebih diintensifkan lagi. Tentunya pemerintah daerah tidak bisa bekerja sendirian dalam upaya perawatan lahan konservasi dan daerah resapan air.

"Kalau kerjasama dilakukan secara utuh, saya percaya persoalan sampah di situ-situ tidak akan jadi masalah serius," terang Wisman.

Terpisah di lokasi sama, Ahmad Sadoni perwakilan dari OKP Ganespa menyatakan hal senada. Ia bersama rekan-rekannya dari organisasi kepemudaan (OKP) Ganespa ikut turun membantu mengangkuti sampah di Situ Tujuh Muara.

"Perlu kerjasama juga dari masyarakat sekitar. Khususnya warga yang berwirausaha di sekitar bantaran situ," ungkapnya.

Doni menegaskan, upaya perawatan kelestarian lingkungan tidak adil bila hanya diserahkan kepada satuan kerja perangkat daerah. Ia melihat pencemaran air sudah terjadi di Situ Tujuh Muara dan mesti segera diatasi agar tidak semakin parah. "Air situ sudah bercampur dengan minyak goreng dan ampas tahu," tegas Doni.(RAZ/RGI)

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

NASIONAL
Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Kamis, 18 April 2024 | 12:51

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, tengah membuka rekrutmen terbaru untuk tahun 2024 dengan menawarkan lowongan kerja bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill