Connect With Us

Tangsel Raih Dua Penghargaan di Ajang Indonesian Smart Nation Award

Yudi Adiyatna | Jumat, 4 Mei 2018 | 18:00

Menteri Pariwisata Arif Yahya memberikan penghargaan Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2018 kepada Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany pada Kamis (3/5/2018) di Nusantara 2 Hall, ICE BSD City, Tangerang. (@TangerangNews/2018 / Yudi Adiyatna)



TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang Selatan meraih dua penghargaan di ajang Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2018 dari Kementerian Pariwisata. 

Kota Tangsel menjadi salah satu peraih penghargaan dari total 63 pemenang penerima penghargaan untuk kota, kabupaten, dan provinsi terpilih.

Penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Menteri Pariwisata Arif Yahya kepada Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany pada Kamis (3/5/2018) di Nusantara 2 Hall, ICE BSD City, Tangerang.

 Airin Rachmi Diany mengucapkan rasa terima kasih atas dua penghargaan yang diraih Kota Tangsel di ISNA 2018 yani penghargaan kategori Smart Society dan kategori smart ecosystem.

"Ini penghargaan yang diraih Tangsel dan meraih dua penghargaan di ISNA 2018. ISNA 2018 merupakan kegiatan kali ketiga yang diselenggarakan oleh Citiasia Inc, sejak 2015 lalu. Kegiatan ini berlangsung berangkat dari semangat mengkampanyekan praktik pintar (smart) dalam pelaksanaan proses pembangunan di Indonesia, khususnya di tingkat kota, kabupaten dan provinsi,"ungkapnya.

Mulai dari sisi tata kelola, citra daerah, dampak pembangunan ekonomi, kelayakan hidup, masyarakat yang cerdas, hingga pengelolaan aspek lingkungan hidup yang dilakukan oleh pemerintah daerah di Indonesia.

Pada tahun ini, pemberian penghargaan ISNA dilaksanakan di tengah perhelatan pameran Indobuildtech 2018 yang berlangsung di ICE BSD City , salah satu pameran terbesar di Asia Tenggara di bidang industri konstruksi, arsitektur dan gedung.

Sebagai sebuah penghargaan yang diberikan kepada daerah-daerah dengan pencapaian terbaik dalam pelaksanaan smart city/smart region sesuai framework yang dikembangkan oleh Citiasia Inc.



Cahyana Ahmadjayadi, Founder & Chairman Citiasia mengungkapkan, penerima penghargaan ISNA 2018 merupakan daerah-daerah dengan peringkat terbaik pada 7 kategori penghargaan, yaitu Smart Readiness, Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, Smart Environment di mana masing-masing terdiri dari 3 daerah nominasi.

Sebelum dinobatkan sebagai pemenang, daerah-daerah ini dinilai berdasarkan hasil studi Indonesia Smart Region Maturity Index (Indeks Kematangan Daerah Pintar).

“Dalam proses penilaian indeks, ISNA 2018 diukur dengan menggunakan berbagai parameter pengukuran yang berasal dari data capaian pembangunan kota, kabupaten dan provinsi di Indonesia sejak tahun 2014 hingga tahun 2017,” ungkap Cahyana.

Pun, menurutnya penilaian melibatkan data hasil investigasi terhadap exposure seluruh daerah di lebih dari 260.000 artikel pemberitaan yang terdapat di lebih dari 30 media cetak dan elektronik nasional yang dimulai dari bulan Januari 2017 hingga Desember 2017.

Cahyana mengatakan, dalam rapat dewan juri penentuan pemenang, dewan juri menyepakati sebuah transformasi dalam ISNA 2018.

Transformasi tersebut terutama dalam hal kategori penerima penghargaan yang pada tahun sebelumnya diberikan kepada pemerintah daerah tingkat kota, kabupaten dan provinsi yang dibagi ke dalam 3 kategori daerah, yaitu besar, sedang dan kecil berdasarkan populasi penduduk.

“Sementara, pada tahun 2018, kategori penerima penghargaan diberikan berdasarkan kinerja pada dimensi smart city dan kesiapan smart city,” bebernya.(RAZ/HRU)

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

BANTEN
Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:22

Sebanyak 1.000 anak yatim yang berada di Kabupaten Tangerang mendapat santunan dari Pemerintah dan DPRD Provinsi Banten, serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill