Connect With Us

Rendahkan Budaya Betawi, Pemkot Tangsel Diminta Razia Pengamen Ondel-ondel

Yudi Adiyatna | Jumat, 11 Mei 2018 | 18:00

| Dibaca : 3232

Atraksi Ondel-ondel Khas Betawi. (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)

TANGERANNGEWS.com-Ketua DPRD Tangsel H Moch Ramlie menyebut maraknya atraksi pengamen ondel-ondel yang sering mengamen di jalan raya dan di tempat-tempat umum lainnya di wilayah Tangsel merendahkan martabat Budaya Betawi.

Pria yang akrab disapa sebagai Haji Abie ini menilai pertunjukan ondel-ondel merupakan bagian dari kebudayaan Betawi yang oleh karenanya mesti dijaga keluhuran nilai dan tradisinya.

"Begini, jadi kita sepakat bahwa ondel-ondel itu enggak bisa buat mengamen, artinya itu kan salah satu martabat kita, kebudayaan bagian dari pada martabat juga kan," jawab Moch Ramlie ketika dihubungi TangerangNews.com, Jumat (11/5/2018).

Menurut Moch Ramlie yang juga merupakan tokoh masyarakat Betawi, dirinya merasa prihatin pertunjukan ondel-ondel dijadikan obyek mengais belas kasih dan terkesan boneka besar khas Betawi itu yang dulunya memiliki nilai adiluhung dan hanya ditampilkan di perayaan-perayaan tertentu, kini malah terdegradasi nilainya dan mudah di jumpai di pinggir jalan.

"Kalau martabat kita umpama buat ngamen, bagaimana kan begitu. Jadi ondel-ondel itu bisa dilakukan pertunjukan kan hanya pada waktu-waktu tertentu, pada kegiatan-kegiatan Betawi, di hajatan, sunatan. Itukan bukan ngamen, tapi merupan panggilan," paparnya.

Dirinya pun menyebut, jika saat ini DPRD Tangsel tengah menyusun Raperda Pelestarian Budaya Betawi dan akan memasukkan Ondel-ondel sebagai salah satu ciri khas kebudayaan Betawi yang perlu di lestarikan. 

"Ondel-ondel adalah bagian dari budaya Betawi. Kita akan masukan ke Raperda bahwa Ondel-ondel adalah budaya betawi yang perlu dilestarikan," terangnya.

Dirinya bahkan mengatakan Prinsip orang Betawi adalah tangan diatas lebih mulia daripada tangan di bawah sehingga dirinya pun meminta Pemerintah menertibkan keberadaan ondel-ondel yang berasa di jalanan.

"Razia ondel-ondel di Jalanan," tegas Politisi Partai Golkar ini.(RAZ/RGI)

NASIONAL
Perhatikan! Ini 31 Titik Pengetatan Larangan Mudik 2021 di Jabodetabek

Perhatikan! Ini 31 Titik Pengetatan Larangan Mudik 2021 di Jabodetabek

Kamis, 6 Mei 2021 | 15:22

TANGERANGNEWS.com-Mulai hari ini, Kamis (6/5/2021), larangan mudik

BANDARA
Larangan Mudik Diberlakukan, Sejumlah Maskapai Tak Beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta

Larangan Mudik Diberlakukan, Sejumlah Maskapai Tak Beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta

Kamis, 6 Mei 2021 | 21:59

TANGERANGNEWS.com-Kebijakan peniadaan mudik Lebaran selama 6-17 Mei 2021 telah diberlakukan pemerintah

HIBURAN
5 Tontonan Seru Korea untuk Menunggu Buka Puasa

5 Tontonan Seru Korea untuk Menunggu Buka Puasa

Kamis, 29 April 2021 | 11:35

TANGERANGNEWS.com-Korea Selatan tidak hanya dikenal karena K-Pop dan K-drama nya saja, selain itu banyak variety show yang digemari oleh berbagai kalangan. Terlebih di bulan puasa ini menonton

KAB. TANGERANG
Ditemukan Mayat Laki-laki di Kabupaten Tangerang 

Ditemukan Mayat Laki-laki di Kabupaten Tangerang 

Kamis, 6 Mei 2021 | 18:13

TANGERANGNEWS.com-Telah ditemukan sesosok mayat tanpa identitas berjenis kelamin laki-laki mengambang di sungai Cimanceuri, tepatnya di kampung selatip Desa Lontar, Kecamatan Kemiri, Kab. Tangerang, Kamis (06/05/2021)

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab