Connect With Us

Dinkes Tangsel Antisipasi KLB Selama Ramadan

Yudi Adiyatna | Minggu, 27 Mei 2018 | 16:00

| Dibaca : 657

Kepala Dinas Kesehatan Tangsel dr.Suhara Manullang. (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Maraknya makanan yang mengandung bahan berbahaya selama bulan Ramadan menjadi perhatian khusus dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangerang Selatan. Dinkes sendiri mewaspadai terjadinya kejadian luar biasa (KLB) dalam momen puasa dan lebaran tahun 2018. 

Terlebih, dalam sidak Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM) Provinsi Banten ke pasar tradisional dan modern di Serpong, (16/5/2018) lalu, didapati mie basah, tahu, bakso, ikan, cumi asin, kerupuk dan beberapa makanan lainnya mengandung formalin, rhodamin, dan juga borax. Diketahui makanan-makanan tersebut telah dijual sejak tahun 2017.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Tangsel dr Suhara Manullang mengatakan, bahan berbahaya yang terkandung dalam makanan itu dapat ditemukan kapan saja dan bisa memunculkan berbagai jenis penyakit atau keluhan kesehatan.

"Mulai dari mual, gangguan penecernaan dan berbagai macam iritasi yang timbul dari bahan berbahaya," terangnya, Jumat (25/5/2018) kemarin.

Pihaknya pun mengantisipasi mencuatnya KLB yang ditimbulkan dari makanan dengan zat berbahaya tersebut di musim libur ramadan dan arus mudik lebaran nantinya.

"Pada musim libur, ada saja gangguan kesehatan. Jadi kita tetap mengantisipasi KLB. Ditambah belakangan di Tangsel banyak ditemukan makanan mengandung formalin, borax dan rhodamin," ujarnya.

Selain itu, Dinkes Tangsel pun telah mempersiapkan kelengkapan fasilitas pelayanan medis, untuk mengawal event arus mudik dan balik selama musim lebaran ini sambil menunggu surat edaran posko mudik dari pihak kepolisian. 

"Ada lima posko kesehatan yang disiapkan di Tangsel yang mulai dibuka mulai dari tanggal 8 hingga 23 Juni," terangnya.(RAZ/RGI)

HIBURAN
500 Siswa se-Indonesia Ikut Kompetisi Virtual Sekolah Pahoa Tangerang

500 Siswa se-Indonesia Ikut Kompetisi Virtual Sekolah Pahoa Tangerang

Selasa, 23 November 2021 | 17:17

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak lebih dari 500 siswa se-Indonesia mengikuti Pahoa Fun Sport and Activities (PASS) 202, kompetisi secara daring yang digelar Sekolah Terpadu Pahoa, Gading Serpong, Kabupaten Tangerang

MANCANEGARA
Alhamdulillah, 18.752 Jemaah Umrah Akhirnya Berangkat Desember

Alhamdulillah, 18.752 Jemaah Umrah Akhirnya Berangkat Desember

Selasa, 30 November 2021 | 13:54

TANGERANGNEWS.com-Setelah sempat ditunda cukup lama akibat COVID-19, akhirnya para jemaah umrah Indonesia bisa berangkat ke tanah suci pada bulan Desember 2021

KOTA TANGERANG
Jelang Nataru, Operasi Malam di Batuceper Tangerang Ditingkatkan  

Jelang Nataru, Operasi Malam di Batuceper Tangerang Ditingkatkan  

Selasa, 7 Desember 2021 | 14:42

TANGERANGNEWS.com-Dalam rangka mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru), aparat Kecamatan Batu Ceper bersama tiga pilar meningkatkan operasi pengawasan pada malam hari

PROPERTI
Grand Almas Residence, Rumah Mewah Rp300 Jutaan di Tigaraksa

Grand Almas Residence, Rumah Mewah Rp300 Jutaan di Tigaraksa

Minggu, 5 Desember 2021 | 09:22

TANGERANGNEWS.com-Dwijaya Karya Group melalui PT Karya Cipta Papan meresmikan unit rumah contoh untuk proyek terbarunya di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin