Connect With Us

45 Pemuda Dikukuhkan Jadi Anggota Banser Tangsel

Yudi Adiyatna | Senin, 30 Juli 2018 | 13:49

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) di Serpong Utara, Tangsel. (TangerangNews.com/2018 / Yudi Adiyatna)

 

TANGERANGNEWS.com-Sejumlah 45 pemuda mengikuti kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang diselenggarakan Pengurus Anak Cabang (PAC) Ansor, Serpong Utara, Tangsel

Mereka juga telah resmi dikukuhkan Masjid Asmaul Husna, Alam Sutera, Serpong Utara pada Minggu (15/4/2018) sore.

Pengukuhan dilakukan setelah peserta diberikan materi pembelajaran yang meliputi Aswaja, Ke-NU-an, Keindonesiaan dan Kebangsaan, Ke-Ansoran, Ke-Banseran, Amaliyah dan Tradisi NU, Pelatihan Baris Berbaris, Military Banser serta materi terkait Cyber Crime. Selain materi pembelajaran yang diberikan peserta pun menjalani penggemblengan fisik dan mental selama tiga hari berturut-turut.

Mereka dinyatakan lulus karena telah mengikuti standar latihan kader Ansor. Pengukuhan ini dipimpin langsung oleh Habib Ali Alwi Bin Tochir, selaku wakil syuriah PWNU Banten, sekaligus pengasuh Ponpes Al-Husainy Serpong.

"Kegiatan diklat terpadu dasar (DTD) ini merupakan bagian dari Proses Kaderisasi yang ada di Ansor. Setiap anggota harus lulus PKD dan Diklatsar," ujar Ketua Panitia DTD Maryani Tole.

Maryani mengatakan, tujuan dari Diklatsar Banser ini semata-mata untuk menciptakan kader militan NU yang siap merawat toleransi dan persatuan di tengah masyarakat Kota Tangsel yang beragam.

"Kegiatan ini juga untuk menghasilkan kader-kader yang siap menghalau ideologi yang berusaha memecah belah bangsa Indonesia," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang Ansor Tangsel Gus Asrori menyatakan, dalam perkembangannya semakin hari banyak pemuda di Tangsel yang ingin bergabung bersama Ansor Banser.

"Tercatat dalam tahun 2018 ini saja dari DTD Setu 45 orang, DTD Pondok aren 65 orang dan DTD Serpong Utara 38 orang, itu menunjukkan pemuda yang semakin sadar pentingnya berhidmah pada ulama dan menjaga persatuan NKRI," ungkapnya.

Terlebih, Asrori menambahkan konsep kaderisasi di NU selalu mendasarkan Hubbul Wathan Minal Iman atau yang berarti mencintai negara merupakan sebagian dari Iman.

"Konsep kaderisasi kita mendasar pada Hubbul Wathan Minal Iman yang dikonsep ulama-ulama NU untuk menjadi acuan ideal membangkitan, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Indonesia hingga sekarang," pungkas Asrori.(RAZ/HRU)

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

BANTEN
PLN Nyalakan Listrik Serentak 224 Masjid dan Musala di Banten

PLN Nyalakan Listrik Serentak 224 Masjid dan Musala di Banten

Jumat, 29 Maret 2024 | 09:38

Sebanyak 224 masjid dan musala di Provinsi Banten dinyalakan listrik serentak oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten, Kamis, 28 Maret 2024.

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill