Connect With Us

Jokowi Bagikan 10 Ribu Sertifikat Tanah di ICE BSD

Yudi Adiyatna | Rabu, 26 September 2018 | 16:00

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan 10 ribu sertifikat tanah pada ribuan warga Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan 10 ribu sertifikat tanah pada ribuan warga Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.Acara penyerahan berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Rabu (26/9/2018) pagi.

Presiden Jokowi yang datang didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Banten Wahidin Halim, Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany, dan Bupati Tangerang Ahmad Zaki Iskandar ini datang mengenakan batik motif cokelat, dan langsung menghampiri dan menyalami satu persatu penerima sertifikat.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi memerintahkan agar Kementerian ATR dapat menyelesaikan target sertifikat tahun 2018 ini sebanyak 7 juta sertifikat.

"Saya perintahkan agar Menteri ATR/BPN agar segera menyelesaikan. Tahun 2017 sudah diserahkan 5 juta sertifikat, tahun ini 7 juta sertifikat, dan tahun depan 9 juta serifikat," ucap Jokowi.

Jokowi menyebut percepatan penyelesaian sertifikat bagi masyarakat sudah dimulainya sejak awal kepemimpinanya di tahun 2015 silam. Langkah itu diambilnya untuk mengantisipasi sengketa di berbagai wilayah yang melibatkan warga dengan warga ataupun warga dengan perusahaan.

"Kenapa sertifikat pembuatannya kita percepat, karena setiap saya pergi ke desa, kampung, kabupaten, provinsi, tidak hanya di pulau Jawa, luar Jawa banyak sekali sengketa tanah, konflik tanah, kenapa bisa terjadi? karena rakyat tidak pegang tanda bukti hak sertifikat," jelasnya.

Sementara itu Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil, menyebutkan bahwa saat ini sudah 56 persen tanah di Banten yang sudah bersertifikat. Masih ada sisa 4,7 juta bidang yang belum bersertifikat.

"Tahun ini Banten mendapat jatah 800 ribu sertifkat, yang sudah selesai saat ini jumlahnya 130 ribu sertifikat. Insyaallah tahun 2023 Banten selesai sepenuhnya soal sertifikat tanah itu," ujarnya.

Pembagian sertifikat hari ini, ucap Sofyan, ditujukan kepada 10 ribu penerima sertifikat, yang terdiri dari 5 ribu sertifikat bagi masyarakat Kota Tangsel, dan 5 ribu sertifikat untuk Kabupaten Tangerang.

"Hari ini ada 10 ribu sertifikat, 5 ribu untuk Kota Tangsel dan 5 ribu untuk Kabupaten Tangerang. Jadi totalnya, tahun ini Kabupaten Tangerang selesai 70.200 sertifikat, Kota Tangsel 70.300 sertitikat," terangnya.

Presiden Jokowi sebelumnya pada bulan November 2017 pernah melakukan pembagian sertifikat tanah serupa di wilayah Setu, Tangerang Selatan. Saat itu total ada 10.100 sertifikat tanah yang dibagikan bagi warga Kota Tangsel, Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang.(MRI/RGI)

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

TANGSEL
Rute MRT Sampai Tangsel Dilanjut Tapi Pakai Anggaran Daerah, Pemda Diminta Bersiap 

Rute MRT Sampai Tangsel Dilanjut Tapi Pakai Anggaran Daerah, Pemda Diminta Bersiap 

Jumat, 19 April 2024 | 14:18

Wacana pembangunan rute MRT tembus hingga ke Tangerang Selatan (Tangsel) kembali dibuka.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill