Connect With Us

Pekerja Informal di Tangsel Didorong Ikut BPJS Ketenagakerjaan

Yudi Adiyatna | Rabu, 21 November 2018 | 22:00

Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie saat memberi kartu peserta Program Penggerak Jaminan Sosial Nasional (Perisai) yang diluncurkan BPJS Ketenagakerjaan di Hotel Grand Zuri BSD, Serpong. (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Program Penggerak Jaminan Sosial Nasional (Perisai) yang diluncurkan BPJS Ketenagakerjaan terus gencar disosialisasikan. Dengan target 10 juta pekerja disektor pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) terdaftar sebagai peserta pada tahun 2020.

"Berbagai pertemuan-pertemuan sudah kami lakukan, dengan ojek sudah melakukan pertemuan, 13 ribu masuk (peserta)," kata Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie saat ditemui dikegiatan penandatanganan MOU antara BPJS Ketenagakerjaan dan PT Esta Digital Niaga , Rabu (21/11/2018) di Hotel Grand Zuri BSD, Serpong.

Benyamin mengungkapkan, bahwa pemerintah akan menyasar seluruh sektor ekonomi masyarakat dan pelaku ekonomi informal dalam program BPJS Ketenagakerjaan ini.

"Nanti juga dengan pedagang pasar, terus semua pelaku ekonomi di Tangerang Selatan akan kita dorong untuk mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan," tuturnya.

Benyamin juga menambahkan bahwa Pemkot Tangsel telah menerbitkan peraturan yang tercantum dalam Keputusan Wali Kota dalam internal pemerintah dan terus melakukan sosialisasi untuk mendorong warganya mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan.

"Kita juga sudah membuat surat edaran kepada perusahaan dan para pelaku ekonomi untuk mengikut sertakan karyawannya," jelasnya.

Menurut Benyamin, usia produktif di Tangsel berdasarkan informasi yang ia peroleh yakni 63 persen dari 1,4 juta penduduk Tangsel, kemudian kata Benyamin, pelaku ekonomi di Tangsel didominasi oleh sektor tersier.

Berdasarkan pengamatannya itu, Benyamin berharap seluruh pelaku ekonomi dalam mikro dan startup di Tangsel mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan.

"Saya berharap 70 sampai 80 persen pelaku mikro dan startup menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya.

Sementara itu, dikesempatan yang sama Direktur Perluasan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan E Ilyas Lubis, mengatakan , berdasarkan instruksi pemerintah ditargetkan pada tahun 2021 pihaknya mendapatkan kepesertaan 15 persen dari populasi sektor kerja informal, dimana saat ini menurutnya Indonesia mempunyai 120 juta pekerja, 65 Juta diantaranya adalah pekerja informal.

"Kita bisa mencapainya tahun 2020, sekitar 9-10 juta pekerja, kita ada roadmap-nya, bagaimana kita mengedukasi dan mensosialisasikan kepada mereka untuk mengikuti BPJS Ketenagakerjaan," ungkapnya.(MRI/RGI)

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

WISATA
Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Jumat, 29 Maret 2024 | 05:32

Memasuki bulan Ramadan banyak kegiatan-kegiatan digelar, salah satunya ialah Unjuk Rasa.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill