Connect With Us

Begini Strategi Bapenda Tangsel Buru Piutang Pajak

Yudi Adiyatna | Kamis, 29 November 2018 | 21:41

| Dibaca : 1478

Bapenda Kota Tangerang Selatan menggelar kegiatan sosialisasi optimalisasi penagihan pajak daerah, di Resto Telaga Seafood Serpong, Kamis (29/11/2018). (TangerangNews/2018 / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangerang Selatan mencatat total piutang pajak daerah sebesar Rp5,5 miliar rupiah dari potensi pajak yang berasal dari pajak non PBB dan BPHTB, seperti pajak hotel, tempat hiburan, reklame, parkir, restoran dan lain sebagainya.

Kepala Bapenda Kota Tangsel Dadang Sofyan mengatakan asal piutang tersebut  terhitung dari tahun penagihan 2012 hingga saat ini, atau sekitar 6 tahun berjalan.

"Piutangnya 5,5 miliar rupiah. Piutang dari tahun 2012 hingga sekarang," sebut Dadang dalam kegiatan sosialisasi optimalisasi penagihan pajak daerah, di Resto Telaga Seafood Serpong, Kamis (29/11/2018).

Dadang mengatakan, dalam mengejar piutang wajib pajak tersebut pihaknya menerapkan berbagai macam strategi agar pendapatan negara tersebut bisa terserap secara maksimal.

"Pertama kita memberikan surat teguran, stikerisasi, melakukan penagihan tim secara bersama dengan OPD lain dan melakukan upaya penagihan dengan kaksa pengacara negara," terang Dadang.

Dirinya pun mengakui, ada beberapa kendala yang dihadapi timnya dalam penagihan pajak bagi para wajib pajak yang belum menunaikan kewajiban pajaknya secara tepat waktu. Bahkan Beberapa piutang berasal dari wajib pajak yang sudah tutup usahanya namun masih memiliki tunggakan.

"Kendalanya kadang tingkat kepatuhan wajib pajaknya kurang sehingga perlu kita sosialisasi, ada juga yang tutup tempat usahanya makanya tingkat ketertagihannya susah," tandasnya.(RAZ/HRU)

PROPERTI
Paramount Land Luncurkan Maggiore Grande dan Maggiore Square Tahap 2 di Gading Serpong

Paramount Land Luncurkan Maggiore Grande dan Maggiore Square Tahap 2 di Gading Serpong

Rabu, 26 Januari 2022 | 12:53

TANGERANGNEWS.com-Mengawali tahun 2022, Paramount Land meluncurkan area komersial yang strategis dengan konsep mixed commercial center, destinasi bisnis dan hangout baru di Gading Serpong

KAB. TANGERANG
Renovasi Total Musala Al-Mukmin di Kampung Santri Sebrang Kemiri Tangerang Tahap Pengecoran

Renovasi Total Musala Al-Mukmin di Kampung Santri Sebrang Kemiri Tangerang Tahap Pengecoran

Sabtu, 29 Januari 2022 | 14:42

TANGERANGNEWS.com- Warga Kampung Santri Sebrang, Desa Kemiri, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang, Banten secara gotong royong melakukan

BANTEN
BMKG: Gempa Banten Jadi Bukti Masyarakat Belum Siap Hadapi Bencana

BMKG: Gempa Banten Jadi Bukti Masyarakat Belum Siap Hadapi Bencana

Sabtu, 29 Januari 2022 | 14:38

TANGERANGNEWS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menilai, konsep bangunan dan tata ruang kawasan permukiman yang

"Ambil Lompatan Keyakinan dan Mulailah Tahun Baru yang menakjubkan ini dengan rasa percaya"

Sarah Brightman