Connect With Us

Tangsel Punya Mobil Damkar Canggih Bronto Skylift

Yudi Adiyatna | Jumat, 11 Januari 2019 | 22:59

Uji coba Armada pemadam si jago merah buatan Finlandia di halaman Kantor Wali Kota Tangsel di Ciputat, Jumat (11/1/2019). (TangerangNews/2018 / Yudi Adiyatna)

 

TANGERANGNEWS.com-Pembangunan infrastruktur  di Kota Tangerang Selatan tumbuh dengan pesat. Tak sedikit kini gedung pencakar langit berdiri di wilayah yang jadi penyangga ibukota Jakarta.

Kebakaran yang bisa melanda gedung bertingkat tersebut pun diantisipasi Pemkot Tangsel dengan menghadirkan armada pemadam kebakaran jenis Bronto Skylift P310.

Mobil buatan Finlandia tersebut pun untuk pertama kali diujicoba di halaman Kantor Wali Kota Tangsel di Ciputat, Jumat (11/1/2019).

Bahkan, Wali Kota Tangsel, Airin Rahmi Diany turut serta dalam uji coba itu. Layaknya para petarung pemadam si jago merah, Airin naik ke bagian ujung tangga, kemudian diangkat ke atas. Tangga tersebut mampu menjangkau hingga ketinggian 37 meter.

"Masih harus belajar untuk pengoprasiannya, agar lebih bagus dalam pengoperasian mobil tersebut,” kata Airin.

airin

Mobil dengan kapasitas mesin 3100 CC itu dilengkapi sistem penyelamatan fighting dengan kenampuan penyemprotan 4500 liter permenit, juga juga mampu berputar 360 derajat. Sehingga mampu menjangkau sasaran titik api baik secara vertikal maupun horizontal.

”Tapi, saya pribadi berharap mobil ini, tidak dipakai. Maksudnya tidak terjadi kebakaran di gedung maupun hunian vertikal,” harap Airin. 

Kehadiran armada tersebut diakui Airin karena telah menjadi kebutuhan pelayanan bagi Pemkot Tangsel, mengingat saat ini, jumlah gedung bertingkat terus bertambah.

airin

”Tangsel sekarang ini, sudah banyak tumbuh gedung dan hunian yang vertikal. Jadi, perlu sarana dan prasarana yang bisa menjangkaunya. Salah satunya, waktu terjadi kebakaran,” jelas Airin. 

Sementara, Direktur Unit Bronto Indonesia Benny mengatakan, di Indonesia, saat ini baru ada 5 unit mobil yang memiliki sistem canggih seharga Rp21 miliar tersebut, yaitu Surabaya, Madiun, Gresik, DKI Jakarta, dan Kota Tangsel.

“Selain mampu berputar full 360 derajat mobil damkar ini juga mampu menjangkau secara vertikal dan horizontal dengan kemampuan pompa 4500 liter permenit,” kata Benny.(RMI/HRU)

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

HIBURAN
Jadwal Nonton dan Harga Tiket Film Siksa Kubur di Bioskop Tangerang Kamis 11 April 2024

Jadwal Nonton dan Harga Tiket Film Siksa Kubur di Bioskop Tangerang Kamis 11 April 2024

Kamis, 11 April 2024 | 06:53

Sutradara kawakan Joko Anwar mengeluarkan karya ke-10 dalam penyutradaraannya bertajuk "Siksa Kubur".

KAB. TANGERANG
Motor Pegawai Toko Perlengkapan Bayi Raib Dicuri di Cisauk Tangerang

Motor Pegawai Toko Perlengkapan Bayi Raib Dicuri di Cisauk Tangerang

Minggu, 14 April 2024 | 10:23

Sepeda motor milik pegawai Toko Babysay Shok raib digondol maling, di depan Ruko Serpong Garden, Jalan Serpong Garden, Cibogo, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Sabtu 13 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill