Connect With Us

Tangsel Punya Mobil Damkar Canggih Bronto Skylift

Yudi Adiyatna | Jumat, 11 Januari 2019 | 22:59

| Dibaca : 3349

Uji coba Armada pemadam si jago merah buatan Finlandia di halaman Kantor Wali Kota Tangsel di Ciputat, Jumat (11/1/2019). (TangerangNews/2018 / Yudi Adiyatna)

 

TANGERANGNEWS.com-Pembangunan infrastruktur  di Kota Tangerang Selatan tumbuh dengan pesat. Tak sedikit kini gedung pencakar langit berdiri di wilayah yang jadi penyangga ibukota Jakarta.

Kebakaran yang bisa melanda gedung bertingkat tersebut pun diantisipasi Pemkot Tangsel dengan menghadirkan armada pemadam kebakaran jenis Bronto Skylift P310.

Mobil buatan Finlandia tersebut pun untuk pertama kali diujicoba di halaman Kantor Wali Kota Tangsel di Ciputat, Jumat (11/1/2019).

Bahkan, Wali Kota Tangsel, Airin Rahmi Diany turut serta dalam uji coba itu. Layaknya para petarung pemadam si jago merah, Airin naik ke bagian ujung tangga, kemudian diangkat ke atas. Tangga tersebut mampu menjangkau hingga ketinggian 37 meter.

"Masih harus belajar untuk pengoprasiannya, agar lebih bagus dalam pengoperasian mobil tersebut,” kata Airin.

airin

Mobil dengan kapasitas mesin 3100 CC itu dilengkapi sistem penyelamatan fighting dengan kenampuan penyemprotan 4500 liter permenit, juga juga mampu berputar 360 derajat. Sehingga mampu menjangkau sasaran titik api baik secara vertikal maupun horizontal.

”Tapi, saya pribadi berharap mobil ini, tidak dipakai. Maksudnya tidak terjadi kebakaran di gedung maupun hunian vertikal,” harap Airin. 

Kehadiran armada tersebut diakui Airin karena telah menjadi kebutuhan pelayanan bagi Pemkot Tangsel, mengingat saat ini, jumlah gedung bertingkat terus bertambah.

airin

”Tangsel sekarang ini, sudah banyak tumbuh gedung dan hunian yang vertikal. Jadi, perlu sarana dan prasarana yang bisa menjangkaunya. Salah satunya, waktu terjadi kebakaran,” jelas Airin. 

Sementara, Direktur Unit Bronto Indonesia Benny mengatakan, di Indonesia, saat ini baru ada 5 unit mobil yang memiliki sistem canggih seharga Rp21 miliar tersebut, yaitu Surabaya, Madiun, Gresik, DKI Jakarta, dan Kota Tangsel.

“Selain mampu berputar full 360 derajat mobil damkar ini juga mampu menjangkau secara vertikal dan horizontal dengan kemampuan pompa 4500 liter permenit,” kata Benny.(RMI/HRU)

KAB. TANGERANG
Korban Banjir Rob di Teluknaga Tangerang Dapat Bantuan Logistik

Korban Banjir Rob di Teluknaga Tangerang Dapat Bantuan Logistik

Selasa, 7 Desember 2021 | 15:00

TANGERANGNEWS.com - Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten melalui Dinas Sosial setempat membagikan bantuan logistik kepada warga korban banjir rob di dua wilayah yaitu di Desa Lemo dan Desa Muara,

BISNIS
Harga Minyak Goreng Mencekik, Diibaratkan Tikus Mati di Lumbung

Harga Minyak Goreng Mencekik, Diibaratkan Tikus Mati di Lumbung

Sabtu, 4 Desember 2021 | 16:06

TANGERANGNEWS.com - Akademisi DR. Mukhaer Pakkana menilai, sehubungan makin meroketnya harga komoditas Crude Palm Oil (CPO

MANCANEGARA
Alhamdulillah, 18.752 Jemaah Umrah Akhirnya Berangkat Desember

Alhamdulillah, 18.752 Jemaah Umrah Akhirnya Berangkat Desember

Selasa, 30 November 2021 | 13:54

TANGERANGNEWS.com-Setelah sempat ditunda cukup lama akibat COVID-19, akhirnya para jemaah umrah Indonesia bisa berangkat ke tanah suci pada bulan Desember 2021

SPORT
Hadapi PSIS Semarang, Persita Tangerang Cermati Keunggulan Tim Lawan

Hadapi PSIS Semarang, Persita Tangerang Cermati Keunggulan Tim Lawan

Selasa, 7 Desember 2021 | 11:29

TANGERANGNEWS.com - Persita Tangerang telah bersiap menatap laga lanjutan menghadapi PSIS

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin