Connect With Us

Jokowi Bagikan 40.172 Sertifikat Tanah di Pondok Cabe

Yudi Adiyatna | Jumat, 25 Januari 2019 | 13:00

Presiden Indonesia Joko Widodo saat menghadiri kegiatan pemberian sertifikat tanah untuk warga Tangsel, di Bandara Pondok Cabe, Jl. Pondok Cabe, Pondok Cabe Ilir, Pamulang Tangerang Selatan, Jum'at (25/1/2019). (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Ribuan warga Tangsel memadati Bandara Pondok Cabe, Kota Tangsel, untuk menerima sertifikat tanah yang diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Bandara Pondok Cabe, Jum'at (25/1/2019).

Total ada 40.172 sertifikat yang dibagikan dalam kegiatan ini. Namun yang hadir untuk menerima hanya sekitar 22 ribuan warga Tangsel.

Dalam keadaan hujan deras, Jokowi yang didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo hadir sekitar pukul 09.30 WIB. Kehadiran Jokowi yang terlihat mengenakan kemeja putih berlengan panjang itu disambut dengan meriah oleh para peserta.

Kehadiran Jokoi ini dimanfaatkan oleh para warga untuk berswafoto. "Pak, Selfie Pak, Selfie Pak," teriak salah satu peserta saat Jokowi berkeliling.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan bahwa dari 126 juta bidang tanah di tahun 2015, baru 46 juta bidang tanah yang memiliki sertifikat. “Masih ada 80 juta yang belum memegang sertifikat, padahal sudah bertahun-tahun menempati tanah tersebut," jelasnya.

Menurut Jokowi, per tahunnya Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) hanya mencetak 500 ribu sertifikat. Jika masih ada 80 juta bidang tanah, maka akan membutuh 160 tahun untuk mencetaknya secara keseluruhan.

"Enggak akan bisa (cara lama). Jadi saya perintahkan ke Pak Menteri, tahun 2017 5 juta (sertifikat) harus keluar, tahun 2018 7 juta harus keluar, dan tahun 2019 9 juta harus keluar. Caranya bagaimana saya enggak mau tahu," tuturnya. 

Dari instruksi tersebut, Jokowi menjelaskan bahwa sertifikat yang dikeluarkan sudah terlampaui dari target. "Tahun 2017, 5,4 juta dan tahun 2018, 9,4 juta bisa dikeluarkan," tambahnya. 

Dalam acara tersebut, turut hadir Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil. Dalam sambutannya, Sofyan mengklaim akan menyelesaikan pembagian sertifikat tanah di Tangsel seratus persen, sesuai dengan perintah Presiden. 

"Dari 22 sampai 23 ribu orang yang hadir. Sesuai dengan perintah Pak Jokowi Insya Allah Kota Tangsel 100 persen beres," tukasnya. 

Sofyan juga menjelaskan sertifikat tanah ini harus segera diberikan kepada masyarakat. Jangan sampai tanah diambil secara paksa oleh pihak yang tidak benar. “makanya kita berikan sertifikat, sehingga bukti jelas, luasnya jelas, letaknya jelas," tutur Sofyan.(RAZ/RGI)

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill