Connect With Us

Belajar & Bekerja, Program Baru di Universitas Prasetiya Mulya BSD

Rachman Deniansyah | Selasa, 12 Maret 2019 | 17:00

Kegiatan peresmian kantor untuk pengembangan terhadap Program Pembelajaran Kerja Terpadu (Co-Op Office) untuk Universitas Prasetiya Mulya BSD, Selasa (12/3/2019). (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Universitas Prasetiya Mulya BSD meresmikan kantor baru untuk pengembangan Program Pembelajaran Kerja Terpadu (Co-Op Office), Selasa (12/3/2019).

Peresmian program hibah dari Risk Management, Economic Sustainability, and Actuarial Science Development in Indonesia (READI) Project itu dilaksanakan di auditorium lantai 3 Universitas Prasetiya Mulya BSD, Kavling Edutown, Jalan BSD Raya Utama, Pagedangan, Kabupaten Tangerang.

READI Project merupakan suatu proyek yang didanai oleh Pemerintah Kanada (Global Affairs Canada) yang bertujuan menjadikan Indonesia sebagai pusat keunggulan ilmu aktuaria dan manajemen risiko di kawasan regional.

Fasilitas baru yang tersedia diantaranya ruangan wawancara untuk melatih kecapakan komunikasi, fasilitas untuk pembelajaran daring (online), dan sebagainya.

Diketahui, Co-Op atau Cooperative Education merupakan elemen yang bersinergi dengan kurikulum universitas untuk mahasiswa strata satu (S1) agar memiliki pengalaman kerja yang nyata selayaknya pekerja di sebuah perusahaan. Program yang mulai diterapkan tahun 2017 itu bertujuan mempersiapkan mahasiswa memiliki ketrampilan layaknya di dunia kerja.

Melalui program ini, mahasiswa juga akan memperoleh pendidikan sambil bekerja di suatu perusahaan sejak semester awal. 

Direktur Pembinaan Kelembagaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi  (Kemenristek Dikti), Totok Prasetyo yang hadir dalam peresmian tersebut mengatakan, bahwa 

Program ini betul-betul berguna untuk memberikan bekal kepada mahasiswa. Ia mengharapkan universitas memiliki link and match dengan industri. 

"Diharapkan akan ada link and match antara universitas dengan industri. Sekarang di perguruan tinggi sudah diawali Prasetiya Mulia," ungkapnya. 

Karena program itu dinilainya sangat baik, Totok juga mengatakan telah menugaskan 9 perguruan tinggi di Indonesia untuk mengimplementasikannya. Ia menyebutkan beberapa kampus itu adalah Universitas Prasetiya Mulya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Indonesia (UI).

Sementara, Rektor Universitas Prasetiya Mulya BSD, Djisman S. Simanjuntak mengatakan, program Co-Op ini merupakan bentuk gabungan dari pembelajaran kelas dengan pekerjaan. 

"Jadi dengan gabungan dari pembelajaran kelas dengan bekerja secara benar dapat kita arahkan mahasiswa untuk belajar sambil mengetahui lebih dalam dunia pekerjaan. Sehingga bisa lebih tertuju," jelasnya. 

Program Co-Op ini, lanjutnya, akan dilaksanakan secara bertahap. Dimulai dari Prodi Matematika Bisnis dan kemudian akan diterapkan pada prodi lainnya. 

"Target kita ke semua prodi. Semua prodi yang mengarah ke profesi, seperti akuntansi, hukum, dan lainnya akan bisa kita integrasikan ke program Co-Op," ungkapnya. 

Djisman menuturkan, bahwa pihaknya telah mempunyai jaringan perusahaan yang cukup banyak. Namun, untuk saat ini pihaknya baru bekerjasama dengan perusahaan yang berbasis keuangan. 

"Karena ini baru untuk prodi Matematika Bisnis. Jadi umumnya baru perusahaan di bidang keuangan. Sebagian perusahaan Start Up, sebagian asuransi, sebagian bank dalam kaitan terutama manajemen resiko," bebernya.(MRI/RGI)

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill