Connect With Us

PP IPTEK & Puluhan Siswa Kunjungi Puspitek di Tangsel

Rachman Deniansyah | Jumat, 22 Maret 2019 | 22:11

| Dibaca : 676

Kegiatan kunjungan kerja Kemenristekdikti ke Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan (Puspitek) di Jalan Raya Puspitek, Muncul, Setu, Tangerang Selatan, Jumat (22/03/2019). (TangerangNews/2019 / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Pusat Peragaan IPTEK (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melakukan kunjungan kerja ke Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan (Puspitek) di Jalan Raya Puspitek, Muncul, Setu, Tangerang Selatan, Jumat (22/03/2019).

Kunjungan ilmiah serupa juga  dilakukan ke beberapa laboratorium IPTEK, diantaranya Pusat Teknologi Industri Pertahanan dan Keamanan (PTIPK), Balai Bioteknologi, Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE), dan Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC). 

Kepala Program dan Pendidikan PP- IPTEK, Putu Lia Suryaningsih

Dalam kunjungannya tersebut PP-IPTEK membawa para pelajar sebanyak 25 kelompok, terdiri dari 75 orang pelajar yang berasal dari 11 SMP/SMA di wilayah Jabodetabek dengan usia sekitar 13 - 15 tahun.

Sebelum melakukan kunjungan ilmiah, para pelajar tersebut terlebih dahulu mengikuti kompetisi Discovery Camp yang diadakan kemarin di PP - IPTEK TMII Jakarta Timur.

Kepala Program dan Pendidikan PP- IPTEK, Putu Lia Suryaningsih mengatakan, kunjungan tersebut bertujuan mengedukasi para pelajar terkait perkembangan teknologi Indonesia.

"Kunjungan ini dalam rangka mengedukasi para pelajar tentang perkembangan teknologi Indonesia. Pengetahuan mereka tentang Puspitek terbatas, mindset mereka pada Puspitek tahunya hanya ilmiah. Setelah berkunjung jadi mereka paham bahwa Indonesia juga bisa mengembangkan Pesawat Nir awak, yang bisa dikembangkan dalam rangka membantu memadamkan kebakaran hutan dan membuat hujan buatan," paparnya. 

Setelah melakukan kunjungan, lanjutnya, para pelajar tersebut diminta membuat laporan berupa karya tulis sebagai bagian proyek penelitian.

Lia berharap kunjungannya ke Puspitek dapat membuka cakrawala bagi para pelajar tentang perkembangan teknologi di Indonesia.

"Kita berharap dapat membuka cakrawala mereka,  bahwa Indonesia punya banyak pusat sains untuk dikembangkan bagi ilmu pengetahuan Indonesia," harapnya. 

Sementara itu, Telisya, salah seorang peserta asal SMP Islam Tugasku Pulomas Jakarta mengatakan dirinya merasa puas dan tertarik akan perkembangan teknologi yang diperagakan di ruang Pertahanan dan Keamanan.

"Saya sangat tertarik dan kagum dari teknologi yang 'didisplay'. Semula saya bercita-cita ingin jadi dokter, tapi setelah berkunjung ke Puspitek ini, saya akan merubah cita-cita  saya menjadi engine, sebab saya ingin membantu mengembangkan teknologi Indonesia," ucapnya.(RMI/HRU)

TANGSEL
Warga Tangsel Terancam Tidak Bisa Salat Idul Adha Berjamaah

Warga Tangsel Terancam Tidak Bisa Salat Idul Adha Berjamaah

Kamis, 24 Juni 2021 | 21:09

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama (Kemenag) baru saja menerbitkan surat edaran terkait penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Salat Idul Adha 2021

OPINI
Sayangi Bumi mu dengan Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Sayangi Bumi mu dengan Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Sabtu, 12 Juni 2021 | 10:16

TANGERANGNEWS.com-Hingga kini sampah plastik masih menjadi permasalahan di negeri kita Indonesia. Data Asosiasi Industri Plastik Indonesai (INAPLAS) dan Badan pusat statistik (BPS)

PROPERTI
Serah Terima Unit Apartemen Sky House BSD Tangerang Mulai Juli 2021

Serah Terima Unit Apartemen Sky House BSD Tangerang Mulai Juli 2021

Jumat, 18 Juni 2021 | 17:22

TANGERANGNEWS.com-Risland, pengembang Apartemen Sky House BSD+ telah menyelesaikan pembangunan fase satu telah yang terdiri dari dua tower yaitu Tower Jervois dan Tower Leonie

KAB. TANGERANG
Ketahuan Malak Sopir Truk Sampah di Tangerang, Preman Diringkus

Ketahuan Malak Sopir Truk Sampah di Tangerang, Preman Diringkus

Kamis, 24 Juni 2021 | 18:44

TANGERANGNEWS.com-Aksi pungutan liar (pungli) yang dilakukan warga terhadap truk pengangkut sampah milik Pemkab Tangerang di tempat pembuangan akhir Jatiwaringin, Kecamatan Sukadiri

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab