Connect With Us

E-Goverment, Tangsel Raih Predikat Kota Baik

Advertorial | Kamis, 28 Maret 2019 | 19:00

Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla memberikan penghargaan E-Goverment, kepada Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (28/3/2019). (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS>com-Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dinilai telah berhasil mempraktikkan tata kelola pemerintahan berbasis digital ( E-Goverment ). 

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pun memberikan penghargaan dengan predikat Kota Baik se-Indonesia dalam laporan hasil evaluasi sistem pemerintah berbasis elektronik (SPBE). 

Penghargaan tersebut diberikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla kepada Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Dalam kesempatan itu, Wakil Presiden, Jusuf Kalla mengatakan, kecepatan pelayanan dan teknologi menjadi kunci sistem pemerintahan yang berhasil.

"Karena itu maka sistem yang banyak, apakah e-Budgeting, atau e-Control, e-Audit yang macam-macam harus kita pergunakan, harus berubah dan banyak perubahan yang efektif," beber JK.

Dengan adanya perkembangan teknologi internet, menurutnya, ada beberapa hal yang berubah dari perilaku masyarakat dan pelayanan, baik dalam hal perizinan, perbankan hingga perpajakan.

JK mengharapkan, untuk adanya jaringan komunikasi nasional yang dapat mengintegrasikan informasi baik antar kementerian, lembaga, hingga pemerintah daerah. Hal tersebut tentu berguna bagi koordinasi dan komunikasi. 

"Harapan kita adalah bagaimana suatu bangsa bisa lebih terpadu, bisa lebih efisien, bisa lebih cepat. Komunikasi layanan bisa lebih baik dan ada standarisasi," harapnya.

Sementara itu, setelah mendapatkan penghargaan tersebut, Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany, berharap, Pemkot Tangsel akan semakin termotivasi untuk menerapkan SPBE dengan lebih baik lagi.

“Kita berharap dengan penerapan SPBE ini, kualitas pelayanan kepada masyarakat akan lebih baik lagi,” tukasnya.

Airin menegaskan, dalam kebijakan SPBE, yang utama adalah komitmen pimpinan instansi pemerintah untuk mau melakukan transformasi tata kelola pemerintahan yang berbasis elektronik.

“Tanpa ada komitmen kuat, serta tanpa ada keinginan, tanpa ada kesadaran diri, maka penerapan SPBE tidak akan berjalan,” tegasnya.(ADV)

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill