Connect With Us

Andika Sebut Akan Naikan Persentase Jalur Prestasi PPDB 2019

Rachman Deniansyah | Selasa, 18 Juni 2019 | 20:14

| Dibaca : 3368

Wakil Gubernur Provinsi Banten, Andika Hazrumy saat meninjau melakukan pemantauan terkait PPDB di SMAN 2 Tangsel, Jalan Raya Serpong, Muncul, Setu, Tangsel, Selasa (18/6/2019). (TangerangNews/2019 / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Provinsi Banten langsung merespon keluhan masyarakat terkait persentase  Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA /SMK tahun 2019 pada jalur prestasi yang dinilai terlalu kecil. 

Jalur prestasi dalam PPDB 2019 di Provinsi Banten memiliki persentase penerimaan sebesar 5 persen. Angka tersebut dinilai terlalu kecil. Pasalnya angka itu diperebutkan oleh para siswa berdasarkan prestasi di bidang akademik maupun non akademik dengan bukti sertifikat, serta dengan menggunakan nilai UNBK yang tinggi. 

Wakil Gubernur Provinsi Banten, Andika Hazrumy saat meninjau melakukan pemantauan terkait PPDB di SMAN 2 Tangsel, Jalan Raya Serpong, Muncul, Setu, Tangsel, Selasa (18/6/2019).

Hal itu yang membuat para orang tua murid saat mendaftarkan anaknya menjadi harap-harap cemas, kemudian berkeluh-kesah dan berharap persentase untuk jalur prestasi ditambah. 

Mendengar keluhan tersebut, Wakil Gubernur Provinsi Banten, Andika Hazrumy langsung meresponnya, dan menyebut bahwa pihaknya akan berusaha untuk menambah persentase dari jalur prestasi tersebut. 

"Nanti saya juga akan kaji dengan Pak Kadis (Dindikbud Provinsi Banten) bagaimana Banten juga bisa meningkatkan kuota jalur prestasi yang sekarang (sebesar) 5 persen. Mudah-mudahan kita bisa sesuaikan dengan kondisi Banten, kita naikkan menjadi 20 persen," ucap Andika saat melakukan pemantauan terkait PPDB di SMAN 2 Tangsel, Jalan Raya Serpong, Muncul, Setu, Tangsel, Selasa (18/6/2019).

Dijelaskannya, katentuan 5 persen itu mengacu kepada Permendikbud Nomor 51 tahun 2018 tentang PPDB yang harus dilaksanakan oleh setiap daerah. 

"Namun sebenarnya provinsi bisa menyesuaikan dengan kondisi daerahnya," imbuhnya. 

Lebih lanjut, Andika mengatakan, dengan adanya keluhan terima, pihaknya akan melakukan evaluasi jalur PPDB khususnya di Tangsel, dan akan membawa persoalan persentase jalur prestasi ini pada tahapan rekonsiliasi. 

"Nanti di dua hari ini rekonsiliasi ya, nanti diusulkan. Yang penting nanti dikonsultasikan dulu dengan kondisi Banten, bahwa (disini) beda dengan daerah lain," paparnya.(RMI/HRU)

PROPERTI
Sinar Mas Land Berikan Hadiah Spesial Ketupat Lebaran bagi Pembeli Properti

Sinar Mas Land Berikan Hadiah Spesial Ketupat Lebaran bagi Pembeli Properti

Selasa, 4 Mei 2021 | 20:29

TANGERANGNEWS.com– Sebentar lagi umat Islam akan merayakan hari kemenangan Idulfitri setelah sebulan penuh menjalani ibadah puasa Ramadan

HIBURAN
5 Tontonan Seru Korea untuk Menunggu Buka Puasa

5 Tontonan Seru Korea untuk Menunggu Buka Puasa

Kamis, 29 April 2021 | 11:35

TANGERANGNEWS.com-Korea Selatan tidak hanya dikenal karena K-Pop dan K-drama nya saja, selain itu banyak variety show yang digemari oleh berbagai kalangan. Terlebih di bulan puasa ini menonton

KOTA TANGERANG
Berkah Ramadan, Pokja WHTR Berbagi Santunan Anak Yatim

Berkah Ramadan, Pokja WHTR Berbagi Santunan Anak Yatim

Selasa, 11 Mei 2021 | 20:31

TANGERANGNEWS.com- Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Harian Tangerang Raya (WHTR) berbagi dengan memberikan santunan kepada anak yatim menyambut Idul Fitri 1442 H, Selasa (11/5/2021)

BISNIS
4 Rekomendasi Hampers Lebaran Unik

4 Rekomendasi Hampers Lebaran Unik

Senin, 10 Mei 2021 | 09:29

TANGERANGNEWS.com-Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Hampers menjadi salah satu tradisi yang harus ada. Biasanya hampers berisi kue kering atau makanan yang dikirimkan untuk orang-orang tersayang

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab