Connect With Us

Gawat! Ada Penguasaan Radioaktif Tidak Sah

Rachman Deniansyah | Senin, 24 Februari 2020 | 23:05

Tampak depan rumah warga di Blok A Nomor 22, setelah dipasang garis polisi. (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) telah memastikan bahwa penyegelan rumah seorang warga di Perumahan Batan Indah Blok A/22, Kademangan, Setu, Tangerang Selatan, berkaitan dengan penemuan zat radioaktif. 

Hal itu dikatakan Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Bapeten Indra Gunawan, melalui pernyataan resminya, Senin (24/2/2020).

Ia menjelaskan, temuan itu menjadi dugaan bahwa adanya penguasaan atas beberapa sumber zat radioaktif. 

"Atau bagian dari sumber radioaktif secara tidak sah," ucap Indra. 

Menurutnya, temuan itu juga menjadi titik terang bagi Bapeten dan Pihak kepolisian dalam mengungkap kasus penemuan limbah zat radioaktif Caesium-137 (Cs-137) yang ditemukan di sebuah lahan kosong Perumahan Batan Indah. 

"Ini merupakan bentuk kerja sama aktif antara Bapeten dengan pihak Kepolisian untuk segera menemukan pelaku yang tidak bertanggung jawab atas ditemukannya limbah radioaktif Cs-137," terangnya.

Indra memaparkan, zat radioaktif yang baru ditemukan itu tidak hanya berjenis Cs-137, atau dengan kata lain, terdapat jenis zat radioaktif lainnya. 

Saat ini, kata Indra, berbagai zat radioaktif itu telah diamankan. 

"Bareskrim Polri bersama dengan Bapeten melakukan olah TKP dan telah mengamankan barang bukti yang ditemukan di rumah warga tersebut," paparnya. 

Selain itu, lanjut Indra, Polisi juga telah memasang police line (garis polisi) di rumah tersebut. 

"Untuk kepentingan penyidikan. Pihak kepolisian sampai saat keterangan ini dirilis, sedang mengambil keterangan dari warga pemilik rumah tersebut," sambungnya. 

"Bapeten berkomitmen untuk terus menjaga keselamatan dan keamanan masyarakat dan lingkungan atas insiden ini," pungkasnya. (RMI/RAC)

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill