Connect With Us

Tetap Rayakan May Day, Ini Cara SPSI Kota Tangsel

Rachman Deniansyah | Jumat, 1 Mei 2020 | 16:23

| Dibaca : 191

Ketua Federasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kota Tangerang Selatan, Vanny Sompie. (TangerangNews / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Pandemi COVID-19 membuat perayaan hari buruh (May Day) yang diperingati setiap 1 Mei berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. 

May Day yang identik ribuan buruh turun ke jalan untuk menyuarakan aspirasinya, kini dilakukan hanya lewat bersuara di media sosial. Seperti yang diakui kelompok buruh di Kota Tangsel.

"Kami menyampaikan (menyuarakan aspirasi) melalui media sosial," ucap Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Tangsel Vanny Sompie saat dikonfirmasi, Jumat (1/5/2020).

Selain dengan cara yang berbeda, perayaan May Day di tengah pandemi ini juga mengusung isu yang berbeda pula dengan tahun-tahun sebelumnya. 

Saat ini, yang disuarakan bukan lagi terkait kenaikan hak,  seperti upah dan tunjangan. Melainkan terkait fenomena pemutusan hubungan kerja (PHK) yang banyak terjadi akibat dampak COVID-19.

"Kami meminta kepada pihak pengusaha untuk menghindari melakukan PHK, dan bila ada karyawan yang dirumahkan, agar upahnya dibayar penuh 100 persen," katanya.

Selain isu PHK, SPSI juga meminta perusahaan tetap membayar tunjangan hari raya (THR) kepada para pekerja.

"Kita juga mengingatkan para pengusaha untuk membayar THR pada waktunya sesuai ketentuan peraturan yang berlaku," ujar Vanny.

Sementara untuk isu lainnya yang disorot organisasi buruh yaitu soal RUU Omnibus Law, terkhusus soal klaster ketenagakerjaannya. 

"Kami mendesak pemerintah dan DPR RI untuk membatalkan pembahasan RUU Omnibus Law Cipta Kerja, dan lebih khusus mencabut  klaster ketenagakerjaan dari RUU Omnibus Law Cipta Kerja," pungkasnya.(RMI/HRU)

AYO! TANGERANG CERDAS
Tumbuh Luar Biasa, UMT Disebut Mampu Cetak Generasi Unggul

Tumbuh Luar Biasa, UMT Disebut Mampu Cetak Generasi Unggul

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:46

TANGERANGNEWS.com-Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) disebut baru seumur jagung, tetapi sudah mengalami pertumbungan yang sangat luar biasa. Eksistensi UMT juga kini disebut mampu mencetak generasi yang unggul.

TOKOH
Siapa Pesulap Merah? Ternyata Asal Tangerang

Siapa Pesulap Merah? Ternyata Asal Tangerang

Senin, 8 Agustus 2022 | 19:49

TANGERANGNEWS.com-Baru-baru ini, karakter Pesulap Merah menjadi perbincangan publik. Pria bernama panggung Marcel Radhival ini ternyata berasal dari Tangerang.

SPORT
Real Madrid Sukses Juarai UEFA Super Cup ke-5

Real Madrid Sukses Juarai UEFA Super Cup ke-5

Kamis, 11 Agustus 2022 | 10:00

TANGERANGNEWS.com-Laga Real Madrid vs Eintracht Frankfurt digelar di Helsingin Olympiastadion, Helsinki, pada Kamis, 11 Agustus 2022, dini hari.

WISATA
20 Ragam Sajian Baru di Mint & Pepper Restaurant Alam Sutera Tangsel yang Memanjakan Lidah

20 Ragam Sajian Baru di Mint & Pepper Restaurant Alam Sutera Tangsel yang Memanjakan Lidah

Kamis, 30 Juni 2022 | 14:34

TANGERANGNEWS.com-Mint Pepper & Restaurant menawarkan pilihan sajian baru yang akan mewarnai pengalaman makan para pengunjungnya.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill