Connect With Us

Cerita ODP 9 Hari Dikarantina di Rumah Lawan COVID-19 Tangsel

Rachman Deniansyah | Minggu, 3 Mei 2020 | 19:13

Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie saat menyerahkan surat pernyataan sehat bagi ke-11 orang yang dinyatakan ODP. (TangerangNews / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Usai menjalani sembilan hari masa karantina, 11 Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Rumah Lawan COVID-19 akhirnya diperbolehkan pulang, setelah dari hasil tes dinyatakan negatif COVID-19.

Kesebelas anak yang berasal dari salah satu panti asuhan di wilayah Serpong Utara, Tangerang Selatan tersebut merupakan pasien yang pertama kali diperbolehkan pulang.

Mereka dinyatakan sebagai ODP, lantaran di panti tersebut ada dua pegawai yang dinyatakan positif COVID-19.

Warga ODP yang dinyatakan sehat.

Sebelum pulang menuju panti, Yati, ibu asuh anak-anak itu menceritakan pengalamannya usai menjalani karantina di Rumah Lawan COVID-19.

Meski menjadi orang yang dipantau, ia bersama anak-anak asuhnya tetap bisa menjalankan aktivitas seperti biasanya.

Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie saat menyerahkan surat pernyataan sehat bagi ke-11 orang yang dinyatakan ODP.

"Sangat menyenangkan, karena kami ramai-ramai melakukan aktivitas biasanya. Dari pagi bangun, doa bersama, olahraga, kerja seperti urus baju sendiri yang biasa kita lakukan di rumah. Jadi bisa kita lakukan di sini dengan senang hati," ujar Yati menceritakan pengalamannya, Minggu (3/5/2020).

Selama sembilan hari masa karantina, tak ada sedikitpun kejenuhan yang dirasakan. Di sisi lain, anak-anak panti yang menjadi ODP itu pun juga tetap bisa menjalani pembelajaran sekolah.

"Di belakang itu cukup luas bagi kami untuk bermain, dan juga ada tanaman yang bisa menyegarkan mata. Anak-anak pun bisa tetap sekolah online, setiap Senin-Jumat ada kegiatan jam 8 pagi sampai jam 10.30. Kemudian istirahat, baru kami mulai lagi sampai jam 2 siang," terang Yati. 

Atas kepulangannya itu, Pemkot Tangsel pun mengaharapkan Yati dan anak asuhnya itu dapat memberikan pengalaman dan edukasi tentang COVID-19 ini di lingkungannya. 

"Setelah kita pengalaman di sini, kita jadi lebih tahu kalau kita harus tetap jaga kebersihan hidup sehat, sesering mungkin cuci tangan, harus pakai masker setiap saat," tuturnya. 

Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie saat menyerahkan surat pernyataan sehat bagi ke-11 orang yang dinyatakan ODP.

Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie yang melepas langsung kepulangan, merasa senang atas kesembuhan sebelas anak yang menjadi ODP tersebut. 

"Ya ini usaha kita. Rumah Lawan Covid-19 ini memang didirikan untuk membuat sehat yang ODP dan PDP ringan. Dan ini adalah sebuah bukti bahwa disiplin itu dilakukan masyarakat maka usaha pemerintah akan berhasil," ujar Benyamin.

Pemkot Tangsel berjanji akan memberikan fasilitas senyaman mungkin dan menyerupai tempat tinggal bagi mereka yang dikarantina di Rumah Lawan COVID-19.

"Kita sudah siapkan fasilitasnya dari komputer dan internetnya. Supaya mereka betah di sini, enggak merasa terkurung mereka tetapi bisa melaksanakan kegiatan seperti biasa," ucapnya.

Atas kepulangan itu diharapkan,  para pasien yang sembuh dapat memberikan pengalamannya serta mengedukasi masyarakat luas menyadari arti pentingnya kesehatan, guna mencegah penyebaran COVID-19 ini.(RAZ/HRU)

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

WISATA
Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Jumat, 29 Maret 2024 | 05:32

Memasuki bulan Ramadan banyak kegiatan-kegiatan digelar, salah satunya ialah Unjuk Rasa.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill