Connect With Us

Cerita ODP 9 Hari Dikarantina di Rumah Lawan COVID-19 Tangsel

Rachman Deniansyah | Minggu, 3 Mei 2020 | 19:13

| Dibaca : 22369

Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie saat menyerahkan surat pernyataan sehat bagi ke-11 orang yang dinyatakan ODP. (TangerangNews / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Usai menjalani sembilan hari masa karantina, 11 Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Rumah Lawan COVID-19 akhirnya diperbolehkan pulang, setelah dari hasil tes dinyatakan negatif COVID-19.

Kesebelas anak yang berasal dari salah satu panti asuhan di wilayah Serpong Utara, Tangerang Selatan tersebut merupakan pasien yang pertama kali diperbolehkan pulang.

Mereka dinyatakan sebagai ODP, lantaran di panti tersebut ada dua pegawai yang dinyatakan positif COVID-19.

Warga ODP yang dinyatakan sehat.

Sebelum pulang menuju panti, Yati, ibu asuh anak-anak itu menceritakan pengalamannya usai menjalani karantina di Rumah Lawan COVID-19.

Meski menjadi orang yang dipantau, ia bersama anak-anak asuhnya tetap bisa menjalankan aktivitas seperti biasanya.

Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie saat menyerahkan surat pernyataan sehat bagi ke-11 orang yang dinyatakan ODP.

"Sangat menyenangkan, karena kami ramai-ramai melakukan aktivitas biasanya. Dari pagi bangun, doa bersama, olahraga, kerja seperti urus baju sendiri yang biasa kita lakukan di rumah. Jadi bisa kita lakukan di sini dengan senang hati," ujar Yati menceritakan pengalamannya, Minggu (3/5/2020).

Selama sembilan hari masa karantina, tak ada sedikitpun kejenuhan yang dirasakan. Di sisi lain, anak-anak panti yang menjadi ODP itu pun juga tetap bisa menjalani pembelajaran sekolah.

"Di belakang itu cukup luas bagi kami untuk bermain, dan juga ada tanaman yang bisa menyegarkan mata. Anak-anak pun bisa tetap sekolah online, setiap Senin-Jumat ada kegiatan jam 8 pagi sampai jam 10.30. Kemudian istirahat, baru kami mulai lagi sampai jam 2 siang," terang Yati. 

Atas kepulangannya itu, Pemkot Tangsel pun mengaharapkan Yati dan anak asuhnya itu dapat memberikan pengalaman dan edukasi tentang COVID-19 ini di lingkungannya. 

"Setelah kita pengalaman di sini, kita jadi lebih tahu kalau kita harus tetap jaga kebersihan hidup sehat, sesering mungkin cuci tangan, harus pakai masker setiap saat," tuturnya. 

Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie saat menyerahkan surat pernyataan sehat bagi ke-11 orang yang dinyatakan ODP.

Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie yang melepas langsung kepulangan, merasa senang atas kesembuhan sebelas anak yang menjadi ODP tersebut. 

"Ya ini usaha kita. Rumah Lawan Covid-19 ini memang didirikan untuk membuat sehat yang ODP dan PDP ringan. Dan ini adalah sebuah bukti bahwa disiplin itu dilakukan masyarakat maka usaha pemerintah akan berhasil," ujar Benyamin.

Pemkot Tangsel berjanji akan memberikan fasilitas senyaman mungkin dan menyerupai tempat tinggal bagi mereka yang dikarantina di Rumah Lawan COVID-19.

"Kita sudah siapkan fasilitasnya dari komputer dan internetnya. Supaya mereka betah di sini, enggak merasa terkurung mereka tetapi bisa melaksanakan kegiatan seperti biasa," ucapnya.

Atas kepulangan itu diharapkan,  para pasien yang sembuh dapat memberikan pengalamannya serta mengedukasi masyarakat luas menyadari arti pentingnya kesehatan, guna mencegah penyebaran COVID-19 ini.(RAZ/HRU)

PROPERTI
Paramount Land Luncurkan Maggiore Grande dan Maggiore Square Tahap 2 di Gading Serpong

Paramount Land Luncurkan Maggiore Grande dan Maggiore Square Tahap 2 di Gading Serpong

Rabu, 26 Januari 2022 | 12:53

TANGERANGNEWS.com-Mengawali tahun 2022, Paramount Land meluncurkan area komersial yang strategis dengan konsep mixed commercial center, destinasi bisnis dan hangout baru di Gading Serpong

MANCANEGARA
Perhatikan, Omicron Punya Gejala yang Hanya Muncul di Malam Hari

Perhatikan, Omicron Punya Gejala yang Hanya Muncul di Malam Hari

Senin, 3 Januari 2022 | 15:31

TANGERANGNEWS.com-Varian Covid-19 Omicron dapat menyebabkan pasien mengalami gejala yang hanya terjadi pada malam hari. Seorang dokter di Inggris mengklaim varian baru ini menyebabkan beberap

NASIONAL
Menko Airlangga: Manfaat Sinergi Pemulihan Ekonomi Mesti Dirasakan Masyarakat

Menko Airlangga: Manfaat Sinergi Pemulihan Ekonomi Mesti Dirasakan Masyarakat

Rabu, 26 Januari 2022 | 17:13

TANGERANGNEWS.com-Pengendalian pandemi yang efektif terbukti menjadi kunci bagi pemulihan ekonomi. Pandemi yang terkendali mendorong confidence dan mobilitas penduduk yang kemudian membuat perekonomian Indonesia tetap tumbuh positif

"Ambil Lompatan Keyakinan dan Mulailah Tahun Baru yang menakjubkan ini dengan rasa percaya"

Sarah Brightman