Connect With Us

Catat, Juni Seleksi PPDB di Tangsel Dimulai

Rachman Deniansyah | Selasa, 12 Mei 2020 | 20:49

| Dibaca : 1251

Kepala Dindikbud Tangsel Taryono. (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangerang Selatan akan segera menggelar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat TK, SD dan SMP, pertengahan Juni mendatang.

Pendaftaran dimulai tanggal 8 sampai 13 Juni 2020 untuk tingkat Taman Kanak-kanak (TK), dan tanggal 8 hingga 20 Juni 2020 untuk tingkat Sekolah Dasar (SD). 

"Sedangkan untuk tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama) Negeri dimulai tanggal 16 hingga 20 Juni 2020," kata Kepala Dindikbud Tangsel Taryono saat dikonfirmasi, Selasa (12/5/2020).

Sedangkan, untuk jalur prestasi akademik nilai rapor dan prestasi hasil lomba, pendaftarannya akan dibuka mulai 30 Juni hingga 2 Juli 2020, dengan pengumuman tanggal 6 Juli 2020.

Situasi pandemi COVID-19 membuat pelaksanaan PPDB kali ini sedikit berbeda. Seluruh pendaftaran dilakukan secara daring (online). 

"Hal itu untuk mencegah adanya kerumunan orang untuk menghindari transmisi virus Corona, dan tidak boleh ada yang datang ke sekolah," ujar dia. 

Pendaftaran ini gratis. Calon siswa-siswi tidak dipungut biaya sepeserpun.

"Jika ada oknum yang meminta bayaran tentu akan ada sanksi tegas," imbuhnya.

Dindikbud Tangsel menggelar PPDB dengan pemenuhan empat poin dasar, yaitu tidak ada diskriminasi, objektif, transparan, dan akuntable.

Sedangkan untuk persentase jalur penerimaan sudah diatur lengkap dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 44 Tahun 2019.

Jalur Zonasi memiliki persentase yang lebih besar, yaitu sebesar 50 persen, kemudian disusul dengan jalur prestasi sebesar 30 persen, serta jalur afirmasi, yaitu jalur yang disediakan untuk siswa yang menerima program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah.

"Jalur afirmasi 15 persen, kemudian jalur perpindahan orangtua 5 persen. Prinsipnya walaupun di masa pendemi COVID-19, namun layanan pendidikan harus berjalan dengan baik," pungkasnya.(RMI/HRU)

AYO! TANGERANG CERDAS
Warga Sukamulya Tangerang Berhasil Pamerkan Inovasi Teknologi Tingkat Nasional

Warga Sukamulya Tangerang Berhasil Pamerkan Inovasi Teknologi Tingkat Nasional

Selasa, 14 September 2021 | 08:55

TANGERANGNEWS.com–Pada perhelatan lomba Teknologi Tepat Guna Unggulan Tingkat Nasional XXII tahun 2021 yang dilakukan secara virtual, Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Kecamatan Sukamulya

BISNIS
Brand Lokal 3Second Garap Segmen Keluarga di Tangcity Mal, Ada Diskon Sampai 50 %

Brand Lokal 3Second Garap Segmen Keluarga di Tangcity Mal, Ada Diskon Sampai 50 %

Minggu, 19 September 2021 | 16:18

TANGERANGNEWS.com-Untuk pada pecinta fashion terutama brand lokal, sekarang 3Second Store hadir lebih luas dan lebih nyaman di Tangcity Mal, Ground floor. Tak hanya itu, brand pakaian asal Bandung

TEKNO
Pertama di Indonesia, ITS Kembangkan Mobil Tanpa Sopir

Pertama di Indonesia, ITS Kembangkan Mobil Tanpa Sopir

Kamis, 16 September 2021 | 21:08

TANGERANGNEWS.com-i-Car mobil tanpa awak dengan jaringan internet 5G pertama di Indonesia tengah dikembangkan oleh Institut Teknologi 10 November (ITS)

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin