Connect With Us

Seminggu Longsor Sampah Cipeucang, Begini Kondisi Terkini

Rachman Deniansyah | Jumat, 29 Mei 2020 | 19:38

| Dibaca : 926

Tumpukkan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang mengalami longsor, Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (22/5/2020). (TangerangNews / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Sekitar 100 ton sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, Serpong, Tangsel tumpah ke badan sungai Cisadane pada Jumat (22/5/2020) lalu.

Selang seminggu setelah insiden akibat jebolnya tanggul penahan tumpukan sampah tersebut, sekitar dua pertiga sampah telah diangkat dari badan sungai. Pekerjaan pengangkatan sampah itu dengan menerjunkan tujuh alat berat.

"Ekskavator bantuan dari BBWSCC ada tiga unit, terus yang kami miliki ada empat, jadi ada tujuh alat berat," ujar Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel Yepi Suhernan, Jumat (29/5/2020).

Ia mengatakan, dua pertiga dari sekitar 100 ton sampah itu telah digeser sekitar 20 meter dari badan sungai. 

"Kami tarik kembali ke tepi posisi TPA. Jadi prioritas kami, yang penting agar jalan air sungai sudah terbuka. Supaya lancar lagi, itu tahapan pertamanya," tuturnya. 

Selanjutnya, sampah tersebut akan kembali ditarik ke lokasi penimbunan (landfillI) dengan sistem trap (perangkap). 

"Lalu dindingnya diperkuat oleh turap supaya posisi sampah enggak terjun lagi ke bawah," katanya.

Pekerjaan menuntaskan sampah yang longsor tersebut membutuhkan waktu sekitar sepekan lagi. Namun, percepatan pengerukan sampah itu membutuhkan kerja keras. Alat berat harus dioperasikan selama 24 jam terus menerus.

Longsor sampah juga telah mengakibatkan rusaknya turap dan badan sungai Cisadane. Perbaikan kedua hal tersebut, akan dilakukan secara pararel dengan meminta bantuan kepada Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane (BBWSCC) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Kami (Pemkot Tangsel) fokus ke landfill-nya," pungkasnya.(RMI/HRU)

PROPERTI
Intip Tips Berikut Sebelum Jual Rumah Second

Intip Tips Berikut Sebelum Jual Rumah Second

Jumat, 24 Juni 2022 | 23:21

TANGERANGNEWS.com-Persaingan dan harga yang lebih rendah dibandingkan primary property biasanya membuat properti second dapat menjadi pilihan yang baik untuk para investor maupun end user.

KOTA TANGERANG
Cegah Korupsi, Wali Kota Tangerang Ikut Penandatanganan Pakta Integritas dengan Kejati Banten

Cegah Korupsi, Wali Kota Tangerang Ikut Penandatanganan Pakta Integritas dengan Kejati Banten

Jumat, 24 Juni 2022 | 22:39

TANGERANGNEWS.com-Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah ikut Penandatanganan Pakta Integritas bersama seluruh Kepala Daerah di Provinsi Banten dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) setempat.

OPINI
Sandal Jepit VS Jalan Berlubang, Mana yang Harus Diperhatikan?

Sandal Jepit VS Jalan Berlubang, Mana yang Harus Diperhatikan?

Minggu, 19 Juni 2022 | 23:32

TANGERANGNEWS.com-Baru-baru ini, media sosial dihebohkan dengan mencuatnya berita soal larangan menggunakan sandal jepit bagi pengendara sepeda motor.

TEKNO
Poco Seri F Terbaru Segera Hadir di Indonesia, Tawarkan Performa Ekstrem

Poco Seri F Terbaru Segera Hadir di Indonesia, Tawarkan Performa Ekstrem

Minggu, 19 Juni 2022 | 23:26

TANGERANGNEWS.com-Poco seri F terbaru siap menggebrak pasar Indonesia. Smartphone ini menawarkan performa ekstrem dengan harga yang ekstrem pula, sehingga disebut sebagai flagship killer.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill