Connect With Us

Seminggu Longsor Sampah Cipeucang, Begini Kondisi Terkini

Rachman Deniansyah | Jumat, 29 Mei 2020 | 19:38

| Dibaca : 882

Tumpukkan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang mengalami longsor, Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (22/5/2020). (TangerangNews / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Sekitar 100 ton sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, Serpong, Tangsel tumpah ke badan sungai Cisadane pada Jumat (22/5/2020) lalu.

Selang seminggu setelah insiden akibat jebolnya tanggul penahan tumpukan sampah tersebut, sekitar dua pertiga sampah telah diangkat dari badan sungai. Pekerjaan pengangkatan sampah itu dengan menerjunkan tujuh alat berat.

"Ekskavator bantuan dari BBWSCC ada tiga unit, terus yang kami miliki ada empat, jadi ada tujuh alat berat," ujar Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel Yepi Suhernan, Jumat (29/5/2020).

Ia mengatakan, dua pertiga dari sekitar 100 ton sampah itu telah digeser sekitar 20 meter dari badan sungai. 

"Kami tarik kembali ke tepi posisi TPA. Jadi prioritas kami, yang penting agar jalan air sungai sudah terbuka. Supaya lancar lagi, itu tahapan pertamanya," tuturnya. 

Selanjutnya, sampah tersebut akan kembali ditarik ke lokasi penimbunan (landfillI) dengan sistem trap (perangkap). 

"Lalu dindingnya diperkuat oleh turap supaya posisi sampah enggak terjun lagi ke bawah," katanya.

Pekerjaan menuntaskan sampah yang longsor tersebut membutuhkan waktu sekitar sepekan lagi. Namun, percepatan pengerukan sampah itu membutuhkan kerja keras. Alat berat harus dioperasikan selama 24 jam terus menerus.

Longsor sampah juga telah mengakibatkan rusaknya turap dan badan sungai Cisadane. Perbaikan kedua hal tersebut, akan dilakukan secara pararel dengan meminta bantuan kepada Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane (BBWSCC) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Kami (Pemkot Tangsel) fokus ke landfill-nya," pungkasnya.(RMI/HRU)

TOKOH
Menko Airlangga Dukung Smart Farming Petani Milienal untuk Peningkatan Produktivitas

Menko Airlangga Dukung Smart Farming Petani Milienal untuk Peningkatan Produktivitas

Jumat, 24 September 2021 | 15:10

TANGERANGNEWS.com-KLATEN-Permasalahan pada sektor pangan selalu menjadi perhatian di setiap negara. Pemerintah selalu berupaya memenuhi kebutuhan pangan rakyat dan menjaga ketahanan pangan diantaranya melalui pemberdayaan petani,

OPINI
Mahalnya Transaksi Pesta Demokrasi

Mahalnya Transaksi Pesta Demokrasi

Minggu, 26 September 2021 | 17:12

TANGERANGNEWS.com-Siapapun yang jujur, pasti akan mengakui bahwa negeri tercinta kita ini sedang mengalami keterpurukan. Dalam segala bidang. Di tengah kesulitan ekonomi dan belum pulihnya negeri dari situasi pandem

TEKNO
Huawei Nova 9 & Nova 9 Pro Dirilis, Ini Harganya

Huawei Nova 9 & Nova 9 Pro Dirilis, Ini Harganya

Jumat, 24 September 2021 | 11:04

TANGERANGNEWS.com-Series terbar ponsel pintar Huawei kembali hadir, yakni Nova 9 dan Nova 9 Pro. Ponsel yang hadir untuk kelas menengah ini memiliki layar OLED, kamera quad 50MP, dan chipset Qualcomm Snapdragon 778G 4G

NASIONAL
Pemerintah Dorong Pemulihan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Pemerintah Dorong Pemulihan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Selasa, 28 September 2021 | 15:18

TANGERANGNEWS.com-Berbagai upaya Pemerintah yang didukung oleh masyarakat dalam menangani pandemi Covid-19 dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional telah mulai menunjukkan hasil yang membaik

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin