Connect With Us

Kota Tangsel Belum Penuhi Syarat Terapkan New Normal

Rachman Deniansyah | Minggu, 31 Mei 2020 | 19:56

| Dibaca : 5097

Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany (kiri) didampingi Koordinator Rumah Lawan COVID-19, Suhara Manullang (kanan), Minggu (31/5/2020). (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang Selatan belum memberi sinyal kapan akan siap menerapkan era new normal di tengah pandemi COVID-19.

Pasalnya indikator reproductive number (R0) atau tingkat penularan, serta reproductive efective (Rt) atau tingkat kedisiplinan di Kota Tangsel, sebagai syarat untuk bisa menerapkan new normal belum terpenuhi.

Hal itu dikatakan Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany di Rumah Lawan Covid-19, Serpong, Tangsel, Minggu (31/5/2020) sore.

"Jika tidak terlalu banyak yang sakit atau yang lainnya, kita bisa mulai membuka sarana dan prasarana. Tapi ternyata hasilnya, R0 di Tangsel masih 1,7 per data kemarin. R0 yang ideal itu seharusnya di bawah 1. Sedangkan Rt masih sekitar 70%, yang seharusnya mencapai 90%," papar Airin.

Karena itu, pihaknya kini memperpanjang Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB) hingga waktu yang belum ditentukan. Pemberlakuan PSBB jilid keempat ini, mulai akan berlaku pada Senin, (1/6/2020) besok. “Ini sesuai keputusan Gubernur Banten Wahidin Halim,” jelas Airin.

Selama perpanjangan masa PSBB ini, pihaknya mulai akan memikirkan untuk membuka sejumlah tempat yang tutup akibat penyebaran COVID-19, dengan prioritas tempat ibadah terlebih dahulu. 

"Kita fokus di rumah ibadah dulu. Kedua, kita lihat di toko-toko atau kios-kios yang kecil dulu. PSBB tetap akan berlaku besok, kita evaluasi dari rumah ibadah dan  sarana prasarana lain," ucap Airin.

Adapun prioritas itu mendasar pada surat edaran Menteri Agama yang telah memperbolehkan pembukaan rumah ibadah, jika syarat new normal bisa dipenuhi.

"Tapi tetap dibuka dengan mengikuti protokol COVID-19 dan dilihat berapa jumlah ODP, PDP dan positif. Nanti harus ada persetujuan gugus tugas tingkat kecamatan, kelurahan, RW, RT, dan tentu dengan melibatkan Kementerian Agama dan MUI," tambahnya.

Untuk bisa memenuhi syarat tersebut, dalam PSBB jilid kempat ini Airin mendorong dan melihat fuluktuasi data COVID-19 secara detail hingga tingkat Kecamatan dan Kelurahan.

"PSBB keempat ini, bagaimana kita meyakinkan lagi kepada masyarakat untuk mendisiplinkan diri. Mau tidak mau, suka tidak suka kita harus menyadari bahwa COVID-19 itu berbahaya. Tapi ada solusinya agar terhindar, apa? Yaitu patuhi protokol COVID-19, sambil menunggu para ahli menemukan vaksin yang kita tidak tahu kapan," pungkas Airin. (RAZ/RAC)

BANDARA
Ronaldinho Tiba di Bandara Soekarno-Hatta Dijemput Raffi Ahmad

Ronaldinho Tiba di Bandara Soekarno-Hatta Dijemput Raffi Ahmad

Jumat, 24 Juni 2022 | 18:44

TANGERANGNEWS.com-Pesepakbola dunia, Ronaldinho tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, dijumput langsung oleh artis Raffi Ahmad, Jumat 24 Juni 2022

TEKNO
Poco Seri F Terbaru Segera Hadir di Indonesia, Tawarkan Performa Ekstrem

Poco Seri F Terbaru Segera Hadir di Indonesia, Tawarkan Performa Ekstrem

Minggu, 19 Juni 2022 | 23:26

TANGERANGNEWS.com-Poco seri F terbaru siap menggebrak pasar Indonesia. Smartphone ini menawarkan performa ekstrem dengan harga yang ekstrem pula, sehingga disebut sebagai flagship killer.

SPORT
Begini Persiapan Persita Hadapi Dewa United Besok

Begini Persiapan Persita Hadapi Dewa United Besok

Minggu, 19 Juni 2022 | 22:24

TANGERANGNEWS.com-Persita Tangerang akan berhadapan dengan Dewa United di laga ketiga Grup A Piala Presiden di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, pada Senin 20 Juni 2022.

TOKOH
Bahagianya Kehidupan Rinni Idol Saat Ini, Usai Kekasihnya Telah Menghamili Wanita Lain

Bahagianya Kehidupan Rinni Idol Saat Ini, Usai Kekasihnya Telah Menghamili Wanita Lain

Minggu, 27 Maret 2022 | 15:00

TANGERANGNEWS.com-Pada tahun 2010 siapa yang tidak kenal dengan Rinni Wulandari, dia penyanyi terkenal di-era itu. Ya, mungkin publik masih ingat dengan Rinni Wulandari?

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill