Connect With Us

Sektor Usaha Ini Boleh Beroperasi di PSBB Jilid 4 Tangsel

Redaksi | Minggu, 7 Juni 2020 | 13:34

Ilustrasi UMKM. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Para pengusaha yang terkena dampak COVID-19 karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mulai bisa bernafas lega.

Pasalnya, perpanjangan PSBB jilid empat yang diberlakukan pemerintah daerah setempat, memberi kelonggaran pada sektor ekonomi.

Meskipun skalanya masih terbatas dan dalam pengawasan ketat penerapan protokol kesehatan COVID-19.

Dilansir dari Okezone, rata-rata omzet pelaku usah anjlok hingga 60 persen selama pandemi ini. Bahkan di level UMKM, keterpurukan itu menyebabkan sebagian mereka terpaksa gulung tikar.

Rizal Bawazier, pengusaha sekaligus CEO RB Grup mengatakan terpuruknya dunia usaha dimulai sejak awal PSBB pada 18 April 2020 lalu.

"Kalau menurut saya sampai 60 persen. Paling parah itu sektor UMKM, karena mereka sulit bertahan dengan kemampuan cadangan fiskal yang sangat terbatas," ungkapnya di Pamulang, Tangsel, Sabtu (6/6/2020).

Pelonggaran PSBB tahap empat kali ini dinilai bisa membangkitkan lagi sektor usaha yang lesu. Meskipun perlu memakan waktu agar bisa pulih seperti sedia kala. Minimal, ada perbaikan bertahap bagi dunia usaha di Kota Tangsel.

"Saya kira satu bulan ke depan perlu kerja ekstra keras kembali menghidupkan sektor ekonomi, khususnya UMKM. Sekarang mulai bangkit lagi, para pekerja pun semakin semangat karena mereka juga sadar harus bahu-membahu membuat situasi perusahaan pulih kembali," kata Rizal.

Dia pun mengkritik kebijakan pemerintah Kota Tangsel yang dinilai tidak konsisten melaksanakan tahapan PSBB. Hal ini terlihat dari PSBB yang terus diperpanjang. Buntutnya, dunia usaha yang terkena dampak.

"Ya kalau konsisten dengan kebijakannya kan enggak mungkin terus-menerus diperpanjang. Upaya penegakan kebijakan itu harus jelas dari atas sampai tingkat bawah, sehingga efektif pencegahannya. Kalau PSBB diperpanjang berarti ada target yang tak tercapai," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel, Maya Mardiana menerangkan pelonggaran terhadap pelaku usaha jasa dan perdagangan memang mulai diberlakukan sesuai Peraturan Wali Kota (Perwal) No 19/2020.

"Itu dijelaskan dalam Perwal yang baru ya, memang ada pelonggaran yang diberikan. Jadi ini sekaligus persiapan menuju new normal itu," tuturnya.

Pelonggaran bagi dunia usaha tetap disertai ketentuan penerapan protokol kesehatan Covid-19. Hal itu wajib dijalani, sehingga upaya menuju new normal bisa berjalan maksimal hingga 14 Juni 2020 mendatang.

"Pasti kan nanti selalu ada evaluasi, saat ini kita pantau selama pemberlakuan perpanjangan PSBB ini sampai tanggal 14 Juni," tandasnya.

Adapun sektor usaha yang diberi kelonggaran beroperasi dalam  Perwal itu diantaranya yang bergerak pada sektor ;

1. Kesehatan

Antara lain rumah sakit, pusat, kesehatan masyarakat, klinik, apotek, unit transfusi daerah, toko obat, toko bahan kimia, toko alat kesehatan, laboratorium, optikal, jamu, dan tempat pelayanan paramedik veteriner.

2. Bahan pangan/makanan/minuman

Antara lain toko/usaha bahan pangan, restoran, rumah makan, dan warung makan.

3. Energi

Antara lain stasiun pengisian bahan bakar umum, stasiun pengisian bahan bakar gas, dan pembangkit listrik;

4. Komunikasi dan teknologi informasi

Antara lain media cetak, media elektronik, toko perangkat keras, toko perangkat lunak, internet, alat komunikasi, dan kartu selular.

5. Keuangan

Antara lain Perbankan, pembiayaan dan investasi, sistem pembayaran, asuransi, anjungan tunai mandiri, dan pasar modal.

6. Logistik

Antara lain usaha angkutan darat, angkutan barang, distribusi, pengurusan, transportasi dan pos.

7. Perhotelan

Antara lain hotel, losmen, dan penginapan.

8. Konstruksi

Antara lain perencana konstruksi, pelaksana konstruksi dan pengawas konstruksi.

9. Industri strategis dan industri yang telah memiliki izin operasional dan mobilitas kegiatan industri

Antara lain industri baja, industri telekomunikasi, industri kimia, industri kertas, industri pupuk, industri semen dan industri pangan.

10. Pelayanan dasar dan utilitas publik yang ditetapkan sebagai objek vital nasional dan objek tertentu.

11. Kebutuhan sehari-hari.

12. Non pangan (RED/RAC)

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

BANDARA
Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:54

TANGERANGNEWS.com-Pihak Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyebut kecelakaan yang kerap terjadi di Jalur Perimeter disebabkan karena human error atau kelalaian pengendara.

WISATA
Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Jumat, 29 Maret 2024 | 05:32

Memasuki bulan Ramadan banyak kegiatan-kegiatan digelar, salah satunya ialah Unjuk Rasa.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill