Connect With Us

Bertolak ke Jakarta, Ribuan Mahasiswa Padati Ruas Jalan Tangsel

Rachman Deniansyah | Kamis, 8 Oktober 2020 | 14:09

| Dibaca : 1621

Rombongan Mahasiswa saat konvoi berunjuk rasa di Jalan Raya Puspiptek-Jalan Ir. H. Djuanda yang ingin menuju Jakarta. (TangerangNews / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Ribuan mahasiswa dari berbagai Universitas di Tangerang Selatan mulai bergerak menuju Istana Negara, Jakarta Pusat, untuk menggelar aksi penolakan terhadap pengesahan Undang-undang Cipta Kerja, Kamis (8/1/2020).

Pantauan Tangerangnews, ribuan mahasiswa tersebut tumpah ruah ke setiap ruas jalan yang dilalui. 

Akibatnya, sepanjangan Jalan Raya Puspiptek menuju ke Jalan Ir. H. Djuanda, hingga ke arah Jakarta penuh dengan massa aksi yang mengenakan berbagai jaket almamater setiap universitas.

Diantaranya seperti Universitas Pamulang, Intitute Teknologi Indonesia (ITI), Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, dan lainnya.

Mereka berbondong-bondong menuju ke Gedung Istana dengan menumpangi sejumlah truk dan angkutan umum yang diberhentikan di jalan. Sebagian dari mereka juga terlihat ada yang menggunakan sepeda motor.

Faisal, mahasiswa UNPAM yang menjadi salah satu masa aksi memperkiran terdapat lebih dari 3.000 massa yang telah bergerak menuju Jakarta.

"Banyak, itu tidak terhitung. 3.000 mungkin lebih, itu dari UNPAM aja. Belum gabungan dengan ITI, UMJ," tuturnya saat hendak bertolak ke Jakarta. 

Kepada Tangerangnews, ia menegaskan ingin membela kepentingan para buruh yang kini menurutnya telah didiskriminasi haknya dalam Undang-undang Cipta Kerja yang baru disahkan, Senin (5/10/2020) kemarin.

"Ya kita tuntut atas penolakan Omnibus law. Kita perjuangan hak rakyat. Khususnya buruh," tegasnya. 

Sementara itu, Presiden Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) UIN Jakarta Sultan Rifandi mengatakan terdapat ratusan massa yang dikerahkan dalam aksi tersebut.

"Awalnya kita mengestimasikan ada sekitar 300 sampai 500 mahasiswa, dari berbagai fakultas yang datang," katanya. 

Dalam aksinya itu, Sultan membawa sejumlah tuntutan untuk nantinya disampaikan keada elit negara.

Seperti menuntut agar diterbitkan Perpu untuk UU Cipta Kerja. Selain itu juga menuntut agar dari pihak legislatif maupun eksekutif bisa koperatif mendengarkan aspirasi masyarakat.

"Bukan hanya mahasiswa, buruh, masyarakat dan lain sebagainya juga menuntut terkait UU Cipta Kerja ini," jelasnya.

Selain mahasiswa, ada pula sejumlah pelajar yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ikut bergabung.

Mereka terlihat mengenakan celana abu-abu dengan pakaian bebas. Para pelajar itu diarahkan oleh para mahasiswa untuk ikut bergabung menaiki truk.

Sementara itu di berbgai titik ruas jalan, terdapat petugas Kepolisian dan pihak terkait lain, berjaga ketat untuk mengantisipasi penumpukkan massa dan kerusuhan.(RAZ/HRU)

MANCANEGARA
Punya Tangan dan Kaki Seperti Laba-laba, Bocah Ini Dianggap Titisan Dewa

Punya Tangan dan Kaki Seperti Laba-laba, Bocah Ini Dianggap Titisan Dewa

Rabu, 1 Juni 2022 | 16:31

TANGERANGNEWS.com-Balita di India memiliki kekurangan fisik yang tidak biasa, dimana memiliki dua lengan dan dua kaki tambahan yang menonjol dari area perut dan pinggang.

TOKOH
Bahagianya Kehidupan Rinni Idol Saat Ini, Usai Kekasihnya Telah Menghamili Wanita Lain

Bahagianya Kehidupan Rinni Idol Saat Ini, Usai Kekasihnya Telah Menghamili Wanita Lain

Minggu, 27 Maret 2022 | 15:00

TANGERANGNEWS.com-Pada tahun 2010 siapa yang tidak kenal dengan Rinni Wulandari, dia penyanyi terkenal di-era itu. Ya, mungkin publik masih ingat dengan Rinni Wulandari?

SPORT
Persita Tangerang Akan Main Ngotot Kontra Persis Solo Besok

Persita Tangerang Akan Main Ngotot Kontra Persis Solo Besok

Minggu, 26 Juni 2022 | 15:54

TANGERANGNEWS.com-Pelatih Persita Tangerang Alfredo Vera menyatakan timnya akan bermain ngotot saat kontra Persis Solo di laga terakhir babak penyisihan Grup A ajang Piala Presiden 2022.

HIBURAN
 Serunya Swafoto di Wahana Magical Photo Maze Tangcity Mal Tangerang

Serunya Swafoto di Wahana Magical Photo Maze Tangcity Mal Tangerang

Minggu, 26 Juni 2022 | 15:35

TANGERANGNEWS.com-Memasuki libur sekolah, Tangcity Mal menyediakan wahana bermain baru bagi remaja dan anak-anak, yakni Magical Photo Maze.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill