Connect With Us

Antisipasi Banjir, 12 Truk Enceng Gondok Diangkut dari Situ Tangsel

Muhamad Heru | Selasa, 3 November 2020 | 11:38

| Dibaca : 421

Tampak para petugas sedang membersihkan enceng gondok di Situ 7 Muara di Pamulang, Kota Tangsel. (Istimewa / Istimewa)

 

TANGERANGNEWS.com-Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bersama Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane bergotong-royong membersihkan enceng gondok yang tumbuh subur memenuhi Situ 7 Muara di Pamulang, Kota Tangsel.

 

Aksi bersih-bersih ini dilakukan untuk meminimalisir potensi banjir yang disebabkan karena aliran Situ tertutup enceng gondok. Apalagi, musim penghujan sudah mulai berlangsung.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel Aries Kurniawan menjelaskan pembersihan tersebut tidak hanya dilakukan di Situ 7 Muara namun juga Situ Sasak Pamulang.

 

Meskipun sebenarnya ini merupakan tanggung jawab dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), namun Dinas Pekerjaan Umum bersama turut membantu bersama-sama melakukan pembersihan enceng gondok tersebut.

“Kita mengerahkan sebanyak 54 petugas bersama dengan BBWS, dan membersihkan sebanyak 72 kubik enceng gondok atau 12 truk sampah. Lalu dibuang ke TPA Cipeucang,” ungkap Aries, Selasa (3/11/2020).

 

Jika dibiarkan, enceng gondok ini akan menjadi masalah besar ketika musim penghujan sudah turun secara berkelanjutan.

 

Ia menyebut, enceng gondok bisa menjadi penyumbat aliran air menjadi tidak lancar.

"Ini yang kami antisipasi. Kami tidak ingin nantinya aliran air terhambat akibat enceng gondok. Kami ingin mengantisipasi banjir dari penumpukan enceng gondok ini," jelasnya.

 

Tidak hanya Situ 7 Muara, untuk Situ Sasak pun Dinas Pekerjaan Umum sedang melakukan pengerukan lumpur di saluran air.

 

"Kita mengeruk lumpur dengan meminjam alat dari BBWS, karena Situ Sasak merupakan output dari Kali Kedaung. Jika terjadi penumpukan lumpur akan menyebabkan banjir di wilayah BPI, MA, sehingga dengan dilakukannya pengerukan sebagai antisipasi,” katanya.

BANDARA
Bandara Soekarno-Hatta Musnahkan 9.984 Butir Ekstasi

Bandara Soekarno-Hatta Musnahkan 9.984 Butir Ekstasi

Selasa, 3 Agustus 2021 | 17:30

TANGERANGNEWS.com-Satresnarkoba Polresta Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang menghancurkan ribuan butir barang bukti narkotika dari luar negeri.

NASIONAL
Formula 3T & 3M, Sinergi dalam Kecepatan Respon, serta Kepatuhan Masyarakat Menjadi Strategi Kunci Penanganan Lonjakan Kasus Covid-19

Formula 3T & 3M, Sinergi dalam Kecepatan Respon, serta Kepatuhan Masyarakat Menjadi Strategi Kunci Penanganan Lonjakan Kasus Covid-19

Rabu, 4 Agustus 2021 | 11:04

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah bersama TNI dan Polri terus memonitor perkembangan situasi di setiap daerah secara rutin dan merespon cepat dinamika yang terjadi di lapangan

KAB. TANGERANG
Bikin Konten Youtube, Bocah di Cisauk Tangerang Tewas Terlindas Truk

Bikin Konten Youtube, Bocah di Cisauk Tangerang Tewas Terlindas Truk

Kamis, 5 Agustus 2021 | 21:18

TANGERANGNEWS.com-Nyawa bagaikan sangat tak berharga. Itulah sepintas kata yang tergambar insiden maut yang menimpa bocah berinisial R di kawasan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Rabu, 4 Agustus 2021 kemarin

OPINI
Isoman di Rumah, Jangan Lupa Rutin Cek Saturasi Oksigen

Isoman di Rumah, Jangan Lupa Rutin Cek Saturasi Oksigen

Senin, 26 Juli 2021 | 13:30

Oleh: Wulan Suci, Mahasiswi London School of Public Relation

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab