Connect With Us

Tahun Kedua Berpuasa di Tengah Pandemi, MUI Tangsel Bilang Gini

Rachman Deniansyah | Jumat, 2 April 2021 | 18:24

Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Tangerang Selatan, Abdul Rojak saat di wawancarai awak media, Tangsel, Kamis (30/7/2020). (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Dalam dua pekan mendatang, umat Islam kembali akan menjalankan ibadah puasa bulan suci Ramadan 1442 Hijriah. 

 

Namun dalam pelaksanaannya di tahun ini, Umat Islam kembali dituntut untuk menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi COVID-19, untuk kedua kalinya. 

 

Menanggapi hal itu, Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangsel Abdul Rojak mengimbau kepada masyarakat Tangsel untuk tidak ragu dan tetap rajin menjalani ibadah puasa. 

 

Namun di sisi lain, masyarakat juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan. 

 

"Imbauannya kepada masyarakat tetap untuk rajin beribadah menjalankan puasa seperti biasa. Hanya di musim pandemi ini, harus ditambah dengan mengikuti protokol kesehatan," kata Rojak kepada TangerangNews.com, Jumat (2/4/2021). 

 

Tak hanya ibadah puasa, kepatuhan protokol kesehatan itu juga diharapkan tetap dilakukan dalam pelaksanaan salat Tarawih. 

 

"Solat tarawihnya juga harus disiplin, menerapkan 5M. Dari sisi ritual ibadahnya enggak dirubah. Yang diatur itu adalah tata cara pelaksanaan ibadahnya, dari sisi teknis pelaksanaannya, seperti misal semula awalnya berdekatan, sekarang jaga jarak," tuturnya. 

 

Ia juga mengimbau agar umat Islam harus memperhatikan sejumlah kebiasaan yang dilakukan semasa bulan puasa. 

 

"Terus biasanya kalau selesai salat, biasanya cipika cipiki, kalau sekarang saat pandemi ya dihindari. Tidak usah bersalaman. Biasanya di masjid lama-lama, kalau di pandemi dipercepat. Jadi hanya itu saja. Tapi dari sisi ibadahnya secara normatif tidak ada yang diubah," pungkasnya.

SPORT
Masuk Zona Degradasi, Persita Tak Ingin Cemaskan Hasil Tim Lain

Masuk Zona Degradasi, Persita Tak Ingin Cemaskan Hasil Tim Lain

Rabu, 24 April 2024 | 11:53

Persita Tangerang kembali memasuki zona degradasi, tepatnya posisi ke-16 dengan raihan 33 poin dalam klasemen sementara BRI Liga 1 musim 2023/2024.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

HIBURAN
Diduga Narkoba, Chandrika Chika 'Papi Chulo' Ditangkap Polisi 

Diduga Narkoba, Chandrika Chika 'Papi Chulo' Ditangkap Polisi 

Rabu, 24 April 2024 | 07:56

Selebgram dan Tiktoker cantik yang sempat viral lewat joget Papi Chulo, Chandrika Chika diamankan polisi usai diduga terlibat penyalahgunaan narkoba.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill