Connect With Us

PPDB di Tangsel Segera di Mulai, Begini Persiapan Dinas Pendidikan

Rachman Deniansyah | Senin, 24 Mei 2021 | 14:17

Wakil Wali kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie. (@TangerangNews / Muhamad Heru)

TANGERANGNEWS.com-Masa pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022 akan berlangsung pekan depan. Tepatnya, pada bulan Juni mendatang.

Hal itu mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 1/2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru, PPDB tahun ajaran 2021/2022.

Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie mengatakan, pihaknya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kini tengah melakukan persiapan menjelang diselenggarakannya PPDB tersebut. 

"Ya PPDB tetap, saat ini dalam persiapan sistem melalui Dinas Pendidikan dengan unit kerja yang menangani, masalah PPDB," ujar Benyamin, Senin (24/5/2021). 

Sambil menyiapkan segala kebutuhannya itu, satu sisi pihaknya juga tengah gencar melakukan sosialisasi. 

"Ya kita sekarang sedang sosialisasikan dulu nih. Sambil kita inventarisir berapa kapasitas daya tampung dari sekolah-sekolah ini," imbuhnya. 

Secara prinsip, pelaksanaan PPDB pada tahun ini tidak akan berbeda dengan tahun sebelumnya. 

Hanya saja, pihaknya juga konsen untuk mencegah kerumunan dalam setiap tahapan PPDB nantinya. 

"Ya makanya (mungkin) kita bagi dua sistem, dua episode, dua bagian lah, supaya tidak numpuk dalam waktu yang sama. Kalau prinsipnya sama saja hanya dibagi dua," tuturnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel Taryono memastikan seluruh persiapan kini terus berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. 

"Alhamdulillah sejauh ini persiapan PPDB terus berjalan, kita sudah menyusun Perwalnya ditandatangani oleh Wali Kota," ujar Taryono. 

Nantinya, PPDB akan dilaksanakan melalui empat jalur pendaftaran, yaitu jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua atau wali, dan juga jalur prestasi.

Seluruh tahapan itu, akan dilaksanakan secara daring atau online guna menghindari adanya kerumunan di tengah pandemi COVID-19. 

"Kemudian koordinasi dengan berbagai pihak juga sudah kami lakukan, tinggal pelaksanaannya aja nanti. Semoga PPDB ini bisa berlangsung dengan aman kondusif dan sesuai dengan prinsip PPDB yakni transparan, melayani semua," pungkasnya. (RAZ/RAC)

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

NASIONAL
Beda Tanggapan Capres-cawapres Usai Putusan MK Hasil Pilpres 2024, Cak Imin: Kami Tak Kuasa 

Beda Tanggapan Capres-cawapres Usai Putusan MK Hasil Pilpres 2024, Cak Imin: Kami Tak Kuasa 

Selasa, 23 April 2024 | 08:50

Mahkamah Konstitusi (MK) resmi menolak permohonan sengketa hasil Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yang diajukan oleh pasangan calon (Paslon) 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill