Connect With Us

Berbusana Wanita, Puluhan Transgender Cetak KTP-el di Tangsel

Rachman Deniansyah | Rabu, 2 Juni 2021 | 15:00

Sejumlah transgender berbusana wanita saat berada di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan yang terletak di Jalan Raya Serpong, Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan, Rabu, 2 Juni 2021. (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGWERANGNEWS.com-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan memfasilitasi perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) bagi para transgender di kantornya yang terletak di Jalan Raya Serpong, Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan, Rabu, 2 Juni 2021.

Kegiatan itu pun turut disambut dengan antusias oleh para transgender. Dalam perekaman kali ini saja, sedikitnya sudah terdapat puluhan orang yang datang sejak pagi hari. 

Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Dedi Budiawan mengatakan bahwa seluruhnya, adalah transgender yang terlahir sebagai seorang laki-laki.

"30 orang itu terlahir sebagai laki-laki yang memang belum merekam E-KTP, tapi sudah memiliki NIK," ujar Budi saat dihubungi awak media. 

Meski terlahir sebagai laki-laki, puluhan transgender tersebut masih berpenampilan selayaknya seperti seorang wanita. Bahkan, beberapa diantaranya terlihat mengenakan pakaian kebaya. 

"Ada memang beberapa dari mereka yang rambutnya panjang, seperti perempuan. Namun ada juga yang rambutnya pendek layaknya pria, tapi agak kemayu," kata Budi. 

Kendati demikian, dalam perekaman itu para transgender tersebut tetap dinyatakan berjenis kelamin laki-laki.

"Jadi tidak mengubah status kelaminnya. Artinya terlahir laki-laki sampai saat ini data dokumennya tetap itu (laki-laki)," paparnya. 

Ia menjelaskan, perekaman KTP-el tersebut menjadi salah satu program yang dicanangkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Kami memfasilitasi tempatnya, karena merupakan program dari Kemendagri. Makanya 30 transgender itu berasal dari 9 Provinsi di Indonesia," pungkasnya. (RAZ/RAC)

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

NASIONAL
Langsung Berlaku, Jabatan Kepala Desa 8 Tahun Usai UU Desa Resmi Disahkan

Langsung Berlaku, Jabatan Kepala Desa 8 Tahun Usai UU Desa Resmi Disahkan

Jumat, 29 Maret 2024 | 14:34

DPR RI resmi mengesahkan revisi UU Desa dalam rapat paripurna di gedung Nusantara II kompleks MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill