Connect With Us

RPH Minim, Warga Tangsel Boleh Sembelih Kurban Secara Mandiri

Rachman Deniansyah | Senin, 19 Juli 2021 | 14:19

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangsel Abdul Rojak saat di wawancarai awak media di kantornya. (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Momen Perayaan Idul Adha 1442 Hijriah kali ini nampaknya akan terselenggara dengan ketentuan yang berbeda.

Selain tak boleh Salat Idul Adha secara berjamaah di masjid, masyarakat kini tak lagi dapat menyaksikan penyembelihan hewan kurban secara terpusat. 

Pasalnya, wilayah Tangerang Selatan ini berada di zona penyebaran COVID-19 yang cukup mengkhawatirkan, sehingga melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. 

"Tangsel itu level 4, jadi tidak ada penyelenggaraan salat Idul Adha berjamaah. Jadi di rumah masing-masing saja," jelas Kepala Kantor Kemenag Kota Tangsel, Abdul Rojak saat dihubungi pada Senin, 19 Juli 2022. 

Rojak yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tangsel ini mengatakan, hal serupa juga berlaku pada pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. Pemotongan hewan tak lagi dilaksanakan secara terpusat di masjid-masjid seperti biasanya.

"Kalau sesuai aturan, potong kurban harus di RPH, Rumah Potong Hewan," tuturnya.

Namun kendati demikian, masyarakat juga diperbolehkan untuk melakukan pemotongan hewan secara mandiri di wilayahnya masing-masing.  Pasalnya, jumlah RPH di Tangsel terbilang sangat minim. 

"Di Tangsel RPH-nya cuma 10 titik. Jadi masyarakat boleh memotong secara mandiri. Tetapi tetap dengan protokol kesehatan," pungkasnya.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill