Connect With Us

Ini Desain Tugu Pamulang yang Jadi Juara Sayembara, Wahidin Halim Puas

Tim TangerangNews.com | Selasa, 21 September 2021 | 19:44

Desain Tugu Pamulang juara sayembara. (@TangerangNews / Dokumen Pemprov Banten)

TANGERANGNEWS.com-Pemenang sayembara desain Tugu Pamulang Tangerang Selatan telah ditentukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten sebagai penyelenggara. Gubernur Banten Wahidin Halim merasa puas dengan hasil karya sang juara sayembara.

Dewan juri yang terdiri dari Agung Nugraha (arsitek), Eden Gunawan (Ketua PII Wilayah Banten), dan Mufti Ali (budayawan, seniman) memilih karya peserta nomor TGP 0655 dengan Ketua Tim Dedi Kurniadi dan anggota Oma Marta Wijaya sebagai pemenang. Karya tim tersebut mengalahkan 190 desain yang masuk ke panitia sayembara yang digelar Wahidin Halim.

Menurut Wahidin, alasan dewan juri memilih karya Tim Dedi Kurniadi karena desain Tugu Pamulang itu mencerminkan budaya wilayah itu. "Ornamen pada karya desain mencerminkan budaya di wilayah tersebut. Ornamen dengan Motif Mandalika Batik Banten merepresentasikan karakter Pangeran Arya Mandalika yang arif, kuat, sekaligus lemah lembut dan rendah hati," ujar Wahidin pada Senin, 20 September 2021, dikutip dari Tempo.

Sedangkan ornamen motif Tumpal Batik Betawi menyimbolkan keselarasan kosmik dan spiritual serta diyakini sebagai penolak bala.

Adapun bentuk perahu dan ombak untuk adaptasi dan ilustrasi Pelabuhan Karangantu yang merepresentasikan kejayaan maritim Kesultanan Banten pada masa lalu.

Wahidin menyatakan pihaknya melalui sayembara ini berusaha menjaring partisipasi dan aspirasi warga masyarakat. Pemilihan Desain Tugu Pamulang dalam suasana kompetisi terbuka mengenai ide atau gagasan yang bersumber dari warga masyarakat.

Menurut dia, kompetisi yang digelar secara terbuka mengenai ide atau gagasan desain ini memberikan kesempatan kepada publik untuk berpartisipasi dalam menghasilkan desain-desain yang inovatif dan terbaik.

Sebelumnya Tugu Pamulang sempat viral di media sosial. Dalam foto yang diunggah, tugu yang terletak di depan Universitas Pamulang itu disebut mirip toren air. Saat itu Pemerintah Tangsel menyebut tugu tersebut dibangun oleh pemerintah provinsi Banten.

Sayembara desain Tugu Pamulang dengan total hadiah Rp 20 juta itu, saat dibuka diikuti oleh 1.013 pendaftar. Namun hingga batas akhir penutupan pengirim karya, desain yang masuk sebanyak 190 karya.

TANGSEL
Viral Aksi Dramatis Evakuasi Kucing Terjebak di Ruko Kosong di Bintaro Tangsel

Viral Aksi Dramatis Evakuasi Kucing Terjebak di Ruko Kosong di Bintaro Tangsel

Jumat, 19 April 2024 | 20:50

Beredar video di media sosial proses evakuasi seekor kucing terjebak di ruko, tepatnya di Ruko Kebayoran Square C-08, Bintaro, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill