Connect With Us

Pengungkapan Pabrik Tembakau Gorila di Tangsel Berlanjut, Bahan Baku Miliaran Rupiah Disita 

Rachman Deniansyah | Rabu, 22 September 2021 | 18:00

| Dibaca : 2819

Jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Tangsel saat menunjukan barang bukti dalam jumpa pers, Rabu, 22 September 2021. (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pengungkapan pabrik tembakau sintetis atau tembakau gorila yang ternyata berada di salah satu apartemen di wilayah Tangerang Selatan, masih berlanjut. 

Kali ini, polisi berhasil membongkar jaringan tersebut lebih luas dengan menggerebek gudang penyimpanannya yang berlokasi di kawasan Kabupaten Bogor, Jumat, 10 September 2021 lalu. 

Dalam penggerebekan tersebut, jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Tangsel turut mengamankan empat tersangka baru, yakni GL, WH, AN, dan ER. 

"Ini merupakan pengembangan dari penangkapan di salah satu tempat yang diduga sebagai industri rumahan. Ada yang di satu apartemen di Tangsel, Gunung Sindur dan penyebarannya sampai ke daerah Sulawesi," ujar Wakapolres Tangsel Kompol Lalu Hedwin Hanggara, Rabu, 22 September 2021.

Jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Tangsel saat meringkus ke 4 pelaku, Rabu, 22 September 2021.

Selain keempat tersangka baru, polisi juga berhasil menyita puluhan kilogram bahan baku berupa serbuk kuning dari gudang tersebut. 

"Serbuk kuning ini merupakan bahan baku dari tembakau sintetis atau istilahnya tembakau gorila. Dari total yang diamankan, sejumlah lebih dari 24 kilogram," ungkap Lalu. 

Selain bahan baku tersebut, polisi pun turut menyita bahan baku lainnya, seperti narkotika jenis sabu senilai 0,4 gram yang dikonsumsi tersangka, dua botol alkohol, timbangan digital, dan alat-alat lainnya. 

Lalu mengatakan puluhan kilogram serbuk kuning tersebut dapat diolah menjadi tembakau gorila siap edar dengan jumlah yang sangat fantastis, yakni hingga ratusan kilogram. 

Jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Tangsel saat meringkus ke 4 pelaku, Rabu, 22 September 2021.

"Sebanyak 900 kilogram, dan apabila dikonversikan ke dalam uang maka akan mencapai Rp24,5 miliar. Ini adalah jumlah yang cukup besar ya. Alhamdulillah Satresnarkoba berhasil mengamankan dan menggagalkan peredaran bahan narkotika di tengah masyarakat," tuturnya 

Keempat pelaku yang masing-masing memiliki peran berbeda itu, terancam dihukum mati lantaran telah melanggar pasal berlapis. 

Mereka disangkakan Pasal 114 (2) subsider 112 (2) subsider 112 (1) subsider 132 ayat (1) Undang-undang Republik Indonesia No. 35/2009 tentang narkotika. 

"GL berperan sebagai penerima serbuk kuning, WH dipercayakan menyimpan membungkus hingga mengirim paket itu.  WH dibantu oleh ER dan AN dalam pekerjannya itu," pungkasnya. 

Sebelumnya, Jajaran Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Kota Tangerang Selatan berhasil mengungkap sentra pembuatan narkotika jenis tembakau sintetis yang ternyata bersembunyi berlokasi di salah satu apartemen di kawasan Tangerang Selatan. 

Dalam pengungkapan pabrik berkedok apartemen itu, polisi mengamankan sembilan orang tersangka, yang diantaranya berinisial GR, MN, AS, AN, FL, AG, VC, PR, dan RH. 

Mereka diciduk di lokasi berbeda, beserta barang bukti tembakau jenis sintetis yang diproduksinya dengan berat mencapai 1,484 kilogram.

WISATA
Keren, Cikolelet Serang Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik se-Indonesia

Keren, Cikolelet Serang Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik se-Indonesia

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 16:59

TANGERANGNEWS.com-Desa Cikolelet Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang Banten, terpilih menjadi salah satu dari 50 desa wisata terbaik se-Indonesia dalam Lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI)

OPINI
Tanpa Utang Hidup Tak Berwarna, Masihkah Berlaku?

Tanpa Utang Hidup Tak Berwarna, Masihkah Berlaku?

Kamis, 21 Oktober 2021 | 11:54

TANGERANGNEWS.com-Mendengar kata utang, di negeri ini sangatlah lazim, dari mulai rakyat jelata hingga pejabat kelas kakap rajin berutang, apalagi negara. Dilansir dari Merdeka.com, 24 Juli 2021

PROPERTI
Kementerian PUPR Pelajari Proyek Township BSD City

Kementerian PUPR Pelajari Proyek Township BSD City

Jumat, 22 Oktober 2021 | 22:17

TANGERANGNEWS.com-Tim Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempelajari pembangunan pusat pertumbuhan kota baru proyek township BSD City Tangerang, Banten

TANGSEL
Main di Kali Angke Serpong, Bocah Perempuan Hilang Terseret Arus

Main di Kali Angke Serpong, Bocah Perempuan Hilang Terseret Arus

Minggu, 24 Oktober 2021 | 09:14

TANGERANGNEWS.com-Bocah perempuan berinisial PY, tenggelam setelah terseret arus Kali Angke di Lengkong Gudang Timur, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Sabtu 23 Oktober 2021

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin