Connect With Us

Proses Revitalisasi Tugu Pamulang Dimulai Hari Ini, Ditargetkan Rampung Akhir Desember

Rachman Deniansyah | Senin, 15 November 2021 | 19:57

Kondisi Tugu Pamulang di persimpangan Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangerang Selatan. (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pembangunan revitalisasi Tugu Pamulang yang terletak di persimpangan Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangerang Selatan, akhirnya dimulai pengerjaannya hari ini, Senin, 15 November 2021. 

"Ya Insya Allah kita mulai, sejak hari ini," ucap Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengelolaan Jalan dan Jembatan Tangerang (UPTDPJJT) Rehabilitasi Tugu Pamulang, Didik saat dihubungi TangerangNews.com.

Didik mengatakan, pembangunan dimulai secara berkala mulai dari sisi bawah berupa pemasangan patok-patok sebagai pondasi. 

"Lagi patok-patok. Jadi kita menyebutnya ada bagian  bawah, tengah, dan atas. Namanya kontruksi, ya kita bangun dari bawah dulu. Di situ ada struktur, kemudian naik ke atas, nanti ada kubah dan segala macamnya," terangnya. 

Pihaknya menargetkan pembangunan ini dapat rampung akhir Desember mendatang.  "Kalau target itu akhir-akhir Desember, ya. Mudah-mudahan terealisasi. Kami minta doanya kepada rekan-rekan dan warga Tangsel. Untuk bangunan sih Insya Allah (rampung) pada pertengahan Desember. Lalu  finishing sampai akhir Desember," tuturnya. 

Ia memastikan pembangunan tugu yang menjadi kebanggaan warga Tangsel ini akan dioptimalkan sesuai dengan desain yang tersedia. 

Desainnya merupakan hasil karya tim Dedi Kurniadi, pemenang sayembara yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Banten. 

Desain tersebut memiliki sejumlah ornamen, seperti Motif Mandalika Batik Banten merepresentasikan karakter Pangeran Arya Mandalika yang arif, kuat, sekaligus lemah lembut dan rendah hati. Selain itu ada pula motif Tumpal Batik Betawi menyimbolkan keselarasan kosmik dan spiritual serta diyakini sebagai penolak bala.

Kemudian terdapat juga desain berbentuk perahu dan ombak untuk adaptasi dan ilustrasi Pelabuhan Karangantu yang merepresentasikan kejayaan maritim Kesultanan Banten pada masa lalu.

"Insya Allah. Tantangannya ini hanyalah waktu. Mudah-mudahan dengan waktu yang singkat ini bisa kita selesaikan. Memang tidak rumit juga sih ya. Artinya memang hanya waktu saja. Ya mudah-mudahan terealisasi. Mudah-mudahan bisa terwujud seperti digambar," ungkapnya. 

Atas hal itu, Didik pun berharap agar proses revitalisasi ini bisa berjalan lancar. Ia juga meminta dukungan seluruh lapisan, terutama warga Pamulang sendiri. 

"Harapan kami bisa segera terealisasi pembangunan itu, dan bisa mencerminkan apa yang diharapkan oleh masyarakat. Ya, semoga mewakili desain yang sudah kita sampaikan dengan segala bentuk dengan penuh filosofinya," ujarnya.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill