Connect With Us

Percepatan Digitalisasi, Pemkot Tangsel Berupaya Tingkatkan Pelayanan dan Pendapatan Daerah

Rachman Deniansyah | Senin, 15 November 2021 | 21:15

Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie. (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang Selatan menjadikan perkembangan digitalisasi sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan pendapatan asli daerah (PAD) di wilayahnya. 

Hal tersebut sehubungan dengan Keputusan Presiden Nomor 3 tahun 2021 tentang Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD), yang dibuat untuk mempercepat implementasi digitalisasi transaksi keuangan daerah.

“Implementasi elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (ETPD), dan pengelolaan keuangan daerah diyakini akan lebih efisien, transparan, dan akuntabel,” ujar Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie, Senin, 15 November 2021. 

Menurutnya, dengan keunggulan tersebut pihaknya dapat menjadikan digitalisasi sebagai tombak terdepan dalam sistem pelayanan di Tangsel, salah satunya bakal diterapkan dalam sektor pajak. 

"Pelayanan kepada masyarakat juga dapat dilayani dengan mudah dan efisien, apalagi dengan perkembangan zaman saat ini yang pelayanan pajak sudah bisa berbasis smartphone," tuturnya.

Atas hal itu, maka ke depannya sudah tak ada lagi alasan bagi masyarakat untuk tidak membayar pajak. Pasalnya, pembayaran pajak secara daring tidak akan lagi memakan waktu dan biaya birokrasi.

”Jadi nanti teknisnya, masyarakat bisa membayar menggunakan aplikasi mobile banking, lalu menyetorkan pajak dari manapun mereka berada,” terangnya. 

Dengan demikian, ia percaya sistem digitalisasi akan mampu untuk mendorong adanya peningkat PAD. Maka, ke depannya sistem tersebut akan diterapkan juga bagi sektor lainnya selain pajak. 

Dalam hal ini pemerintah Kota Tangerang Selatan selalu berkoordinasi dengan Bank Indonesia Provinsi Banten dan Bank BJB dalam upaya akselerasi digitalisasi pembayaran non-tunai untuk dapat terus beradaptasi pada perkembangan zaman dalam hal pelayanan publik yang transparan.

Senada dengan Benyamin, CEO Regional 4 BJB, Edy Kurniawan menambahkan, inovasi yang diusulkan ini merupakan salah satu kemudahan yang bisa dimanfaatkan oleh warga Tangsel. 

”Mengingat bahwa mobilisasi Warga Tangsel sangat tinggi, maka hal ini sangat bermanfaat dan harus disambut baik,” tuturnya.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill