Connect With Us

Long Feng Tang, Restoran Chinese Muslim Asal Kota Harbin di Bintaro Tangsel

Rachman Deniansyah | Jumat, 7 Januari 2022 | 19:51

| Dibaca : 2322

Restoran Cina Muslim yang berlokasi di Jalan Bintaro Utama 3A, Pondok Aren, Tangerang Selatan. (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Harbin, kota yang terletak di Timur Laut Tiongkok bukan hanya mempesona dengan saljunya, tapi juga dengan kulinernya yang unik karena berbatasan dengan Rusia.

Kini, kuliner tersebut pun dapat dijumpai di Long Feng Tang. Sebuah Restoran Cina Muslim yang berlokasi di Jalan Bintaro Utama 3A, Pondok Aren, Tangerang Selatan. 

Long Feng Tang berasal dari bahasa Cina, yang memiliki arti usaha suami istri. Usaha ini didirikan oleh pasangan Fatimah Zahra (Wei Wei Yang) dan Yuda Wardhana. 

Bisnis restoran mulai dirintis Fatimah saat pindah ke Indonesia, lantaran dirinya kurang cocok dengan Chinese Food di Indonesia. 

Terlebih saat itu, ia sedang mengandung buah hatinya, sehingga memiliki selera makan yang tinggi. Setelah buah hatinya lahir, Fatimah pun mendapatkan ide untuk mencoba mempromosikan Chinese Food yang halal dengan membuka Long Feng Tang. 

Sebuah konsep restoran dengan interior asli dari Cina ini bukanlah lokasi pertama didirikannya Long Feng Tang. Pada Mei 2021, Long Feng Tang memiliki 3 menu dan tempat yang sangat kecil, namun kini berkembang sehingga menempati lokasi di Sektor 3A ini. 

"Saya mau orang Indonesia coba makanan Chinese Muslim dengan cita rasa yang lebih lezat dan jangan khawatir, masakan kami 100 persen halal. Karena Kota Harbin sebagai wilayah utara sebagian besar penduduknya adalah muslim, dan ini yang kita bawa," ungkap Fatimah pada Jumat, 7 Januari 2022. 

Menurutnya, zaman dahulu masyarakat Cina bagian Selatan yang dekat dengan laut memiliki lebih banyak uang, sehingga bisa masuk ke Indonesia. Hingga kini, terlihat banyaknya Chinese Food asal Cina Selatan di Indonesia. 

Berbeda dengan Chinese Food pada umumnya, di Long Feng Tang bisa dijumpai menu Kerang Fen Si Cumin Spicy Sauce yaitu aneka kerang dengan kuah khas Harbin.

Lalu, ada juga Grilled Chicken, Grilled Fish with Black Beans Sauce, Pidan Doufu, String Beans and Lotus Root, Buncis & Shimeji hingga Wonton.

Sementara sang suami, Yuda Wardhana menjelaskan, pertemuannya dengan Fatimah di Jerman membuat dirinya jatuh hati dan menikahi wanita asal Harbin tersebut.

"Istri saya ingin bawa makanan muslim dari Cina ke Indonesia, dengan adanya restoran ini sejak Januari 2021 lalu, kita ingin membantu masyarakat dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru, terlebih dalam situasi pandemi," jelas warga Mandar ini.

Seperti ungkapan rasa syukur Fatimah dan Yuda atas berkembangnya Long Feng Tang, mereka pun kerap membantu masyarakat sekitar. Salah satunya dengan agenda rutin, yakni saling berbagi kepada anak yatim piatu. 

Terlihat, belasan anak dan para pengurus pun menikmati santapan lezat ala Ibu kota Provinsi Heilongjiang, Cina yang terkenal musim dingin yang panjang dan salju yang menyelimutinya. 

"Oleh karena itu, kami berharap Long Feng Tang yang berarti bisa membantu banyak orang. Bisa memotivasi adik-adik supaya tidak mudah menyerah dan kita membantu orang-orang agar kedepannya mereka bisa membantu orang lain disekitarnya," pungkasnya.

BISNIS
Hadir di Kota Tangerang, 5asec Tawarkan Layanan Laundry Premium

Hadir di Kota Tangerang, 5asec Tawarkan Layanan Laundry Premium

Minggu, 26 Juni 2022 | 13:16

TANGERANGNEWS.com-5asec, jasa laundry asal Prancis melebarkan sayapnya di Kota Tangerang dengan menawarkan layanan premium laundry dan dry celaning.

WISATA
 Episode Hotel Gading Serpong Tangerang Angkat Potensi Budaya Baduy dan Peranakan Cina Benteng

Episode Hotel Gading Serpong Tangerang Angkat Potensi Budaya Baduy dan Peranakan Cina Benteng

Minggu, 5 Juni 2022 | 21:45

TANGERANGNEWS.com-Episode Hotel Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, resmi beroperasi sepenuhnya dengan mengangkat kebudayaan asli Baduy dan Peranakan Cina Tangerang atau disebut Cina Benteng.

KAB. TANGERANG
Muncul Spanduk Penolakan Pembangunan RSUD Tigaraksa di Kawasan Pemkab Tangerang

Muncul Spanduk Penolakan Pembangunan RSUD Tigaraksa di Kawasan Pemkab Tangerang

Minggu, 26 Juni 2022 | 18:57

TANGERANGNEWS.com-Sejumlah spanduk penolakan rencana pembangunan RSUD Tigaraksa muncul di kawasan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill