Connect With Us

Inspektorat Tangsel Dibanjiri Laporan Dugaan Pungli di Sekolah Sepanjang 2021

Rachman Deniansyah | Senin, 10 Januari 2022 | 19:13

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Inspektorat Kota Tangsel, Achmad Zubair saat berada diruanganya. (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Laporan terkait dugaan atas adanya pungutan liar atau pungli yang terjadi di lingkungan sekolah mendominasi jenis pengaduan yang diterima oleh Inspektorat Kota Tangerang Selatan sepanjang 2021 kemarin. 

Hal tersebut dipaparkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Inspektorat Kota Tangsel, Achmad Zubair saat dijumpai di ruangannya, Senin, 10 Januari 2022. 

"Kalau pengaduan masyarakat ada sekitar 7-8 pengaduan. Kebanyakan terkait dengan seperti adanya pungutan di sekolah. Ya (bidang pendidikan), kalau OPD lain belum ada," papar Zubair. 

Namun, kata Zubair, tak seluruh aduan itu diproses secara berlanjut. Pihaknya lebih dulu memeriksa dengan menerjunkan tim ke lapangan meneliti kebenaran setiap laporan tersebut. 

"Kalau pengaduan yang terkait dengan sekolah atau segala macam, kalaupun ada tapi dengan bukti segala macam kita turunin tim ya," terangnya. 

Jika nantinya terbukti, barulah Inspektorat melanjutkan laporan tersebut ke tahap selanjutnya berdasarkan rekomendasi yang telah ditetapkan. 

"Misalnya hasil rekomendasi kita, mereka harus masuk ke BKD untuk sidang etik disiplin pegawai. Jika terbukti harus ada sanksi, misalnya penurunan gaji berkala pasti dilakukan. Rekomendasi kita disampaikan ke pimpinan,“ tuturnya. 

 

Ia menjelaskan, terdapat faktor yang menjadikan kasus dugaan pungutan liar ini menjadi hal yang paling menonjol. Salah satunya, yakni disebabkan oleh adanya perbedaan perspektif antara pihak sekolah dan masyarakat. 

Kasus pungutan ini, kata Zubair, statusnya masih belum jelas. Sebab, terkadang menjadi bias dengan sumbangan yang secara aturan memang diperbolehkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud). 

"Misalnya komite sekolah memahami itu sebagai sumbangan karena sesuai Permendikbud, tapi pada saat kenyataan di lapangan masyarakat menganggapnya sebagai pungutan," terangnya.

Untuk itu, Inspektorat ke depannya pun akan memberikan rekomendasi kepada pihak terkait untuk segera melakukan pembenahan agar kasus serupa tak terjadi lagi di tahun ini. 

"Rekomendasi untuk Dinas Pendidikan, ada yang kalau memang kita anggap pungutan dan segala macam, harus dikembalikan. Tapi kalau misalnya masih abu-abu antara sumbangan dan sebagainya saya minta Dinas Pendidikan membuat SOP (standar operasional prosedur) yang jelas," terangnya.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

TANGSEL
Viral Aksi Dramatis Evakuasi Kucing Terjebak di Ruko Kosong di Bintaro Tangsel

Viral Aksi Dramatis Evakuasi Kucing Terjebak di Ruko Kosong di Bintaro Tangsel

Jumat, 19 April 2024 | 20:50

Beredar video di media sosial proses evakuasi seekor kucing terjebak di ruko, tepatnya di Ruko Kebayoran Square C-08, Bintaro, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill