Connect With Us

DPR Contoh BSD dan Alam Sutera untuk Wacana Perpindahan Ibu Kota Negara

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 14 Januari 2022 | 16:06

Digital HUB BSD City. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Panitia Khusus Rancangan Undang-undang Ibu Kota Negara (Pansus RUU IKN) DPR RI tengah mencari kawasan yang akan dijadikan contoh untuk rencana perpindahan ibu kota RI ke tempat baru.

Salah satu yang akan ditinjau adalah kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) dan Alam Sutera, Kota Tangsel. Rencananya rombongan panitia akan datang pada Minggu 16 Januari 2022.

Ketua Pansus RUU IKN DPR Ahmad Doli Kurnia mengungkapkan peninjauan lapangan ke BSD dan Alam Sutera dilakukan karena dua kawasan tersebut sukses membangun kota baru sebagai kota cerdas, hijau, dan berkelanjutan.

Konsep tersebut nantinya diadopsi di ibu kota baru yang akan disebut smart city, sustainable city dan green city.

“Kita juga harus melihat contoh-contoh di mana tempat-tempat yang sudah dikategorikan memenuhi slogan-slogan itu," kata Doli seperti dilansir dari CNN Indonesia, Kamis 13 Januari 2022.

Menurut Ahmad Doli, pemerintah mengusulkan agar DPR mempunyai bayangan soal IKN baru yang akan dibangun dengan berkaca pada kawasan BSD dan Alam Sutera.

Peninjauan lapangan ini penting dilakukan karena pihaknya sudah mau masuk tahap pembicaraan soal master plan IKN baru.

"Apalagi kita nanti sudah mau bicara soal master plan, itu nanti terkait dengan itu. Kemudian kita juga akan berkunjung pada hari minggu ke BSD dan Alam Sutera," ucapnya.

Sebelum ke BSD dan Alam Sutera, Pansus RUU IKN DPR akan melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur (Kaltim) pada 14 hingga 15 Januari.

Salah satu agenda kunjungan kerja ke Kaltim adalah memastikan lahan bakal ibu kota baru berstatus tanah negara.

"Sejak awal pemerintah meminta melalui Menteri PPN menjelaskan bahwa ini memang statusnya adalah tanah negara, besok kita mau lihat, besok kami akan kunjungan ke Kaltim, persis di titik nol-nya, nah kita lihat nanti," kata Doli.

Dia menuturkan, Pansus RUU IKN juga akan bertemu dengan masyarakat setempat untuk mendengar aspirasi mereka mengenai rencana pemindahan ibu kota ke Kaltim.

"Kita besok ketemu dengan seluruh LSM atau kelompok masyarakat yang selama ini memberikan aspirasinya kita akan ketemu besok di sana, kita juga ketemu pemerintah daerah, rapat di sana," ujar Waketum Golkar itu.

KOTA TANGERANG
Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Jumat, 19 April 2024 | 18:40

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang mengimbau para pendatang yang ingin menetap di Kota Tangerang agar segera mengurus administrasi kependudukannya.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

TANGSEL
Rute MRT Sampai Tangsel Dilanjut Tapi Pakai Anggaran Daerah, Pemda Diminta Bersiap 

Rute MRT Sampai Tangsel Dilanjut Tapi Pakai Anggaran Daerah, Pemda Diminta Bersiap 

Jumat, 19 April 2024 | 14:18

Wacana pembangunan rute MRT tembus hingga ke Tangerang Selatan (Tangsel) kembali dibuka.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill