Connect With Us

100 Pelaku UMKM di Tangsel Diajari Digital Entrepreneurship

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 15 Februari 2022 | 20:54

Sebanyak 100 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Tangsel mengikuti pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA), di Grand Zuri Hptel, Serpong, Selasa, 15 Febriari 2022. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak 100 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Tangsel mengikuti pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA), di Grand Zuri Hptel, Serpong, Selasa, 15 Febriari 2022.

Pelatihan ini merupakan program Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Balai Besar Pengembangan Sumbar Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Kota Bandung yang memberi materi.

“Program DEA merupakan pelatihan yang menjadi stimulan bagi para pelaku UMKM dalam meningkatkan kompetensi serta talenta digital, dalam mendukung akselerasi transformasi digital di Indonesia,” ujar Plt. Kepala Dinas Kominfo Tangsel Tubagus Asep Nurdin.

Menurutnya, kegiatan tersebut tak hanya diperuntukkan bagi pelaku UMKM saja. Terdapat juga jenis pelatihan lain yang dapat diikuti oleh masyarakat luas. Total ada kurang lebih 17 program.

“Tapi memang sekarang ini untuk UMKM-nya, yakni Digital Scholarship Academy. Namun nanti ada juga pelatihan, misalnya seperti Media Sosial Analytics dan lainnya. Untuk masyarakat, lalu bukan hanya diikuti secara offline tapi ada juga program onlinenya," terang Asep.

Asep menyatakan kegiatan pelatihan ini sangatlah bermanfaat khususnya untuk meningkatkan kemampuan diri dalam era globalisasi ini. Para peserta yang mengikuti pelatihan ini, akan menerima sertifikat yang sangat berguna. 

"Misalnya teman-teman di Tangsel membutuhkan sertifikat networking atau jaringan komputer, nah itu bisa. Ada programnya lagi, nanti terkait program networking-nya. Jadi ada 17 program dan ini beda-beda," paparnya. 

Kepala BPSDMP Kominfo Kota Bandung Betty Djuliati menerangkan bahwa DEA ini merupakan salah satu pelatihan yang tersaji dalam program bertajuk Digital Talent Scholarship (DTS). 

Selain DEA, ada tujuh jenis kegiatan lain yang juga memiliki tujuan yang sama, yakni untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat. 

"Jadi kami memiliki program bernama Digital Talent Scholarship. Ada delapan jenis akademi dan Pemkot Tangsel ini menjadi kota terpilih," katanya.

Delapan akademi tersebut di antaranya Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Thematic Academy (TA) ProA (Professional Academy), serta Fresh Graduate Academy (FGA). 

Lalu ada juga Talent Scouting Academy (TSA), Government Transformation Academy (GTA), Digital Leadership Academy (DLA), dan Vocational School Graduate Academy (VSGA).

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill