Connect With Us

Dinkes Tangsel Minta Masyarakat Segera Periksakan Anak jika Ada Gejala Hepatitis

Tim TangerangNews.com | Sabtu, 7 Mei 2022 | 20:16

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Allin Hendalin Mahdaniar. (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meminta masyarakat segera memeriksakan anak ke fasilitas layanan kesehatan terdekat jika memiliki gejala hepatitis.

Kepala Dinkes Kota Tangsel Allin Hendalin Mahdaniar menyebutkan gejala yang dimaksud, yaitu kuning, sakit perut, muntah-muntah, dan diare mendadak. “Buang air kecil berwarna teh tua, buang air besar berwarna pucat, kejang, dan penurunan kesadaran,” lanjut Allin, Sabtu 7 Mei 2022, seperti dilansir dari Kompas.

Allin juga mengimbau masyarakat melakukan langkah-langkah pencegahan, seperti rajin mencuci tangan dengan sabun, memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan dengan orang lain, menghindari kontak dengan orang yang sakit, serta menjaga kebersihan rumah dan lingkungan.

Masyarakat dalam situasi pandemi seperti saat ini pun diimbau untuk selalu menaati protokol kesehatan (prokes).

Selain itu, Dinkes Tangsel juga mengimbau masyarakat untuk waspada dan tetap tenang menyikapi pemberitaan yang berkembang.

Allin menuturkan, pemerintah juga meminta seluruh tenaga kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan untuk menerapkan pencegahan dan pengendalian infeksi. “Khususnya untuk infeksi virus dan jika menemukan kasus segera melaporkan ke Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan," terangnya.

Sejauh ini Dinkes Kota Tangsel memastikan penyakit hepatitis akut pada anak belum ditemukan di wilayahnya. "Per hari ini, Sabtu, 7 Mei 2022, fasilitas pelayanan kesehatan belum ada yang melaporkan penyakit hepatitis akut pada anak di Kota Tangerang Selatan," kata Allin.

Namun demikian, Allin meminta masyarakat tetap waspada agar penyakit akut tersebut tidak sampai menyerang anak-anak di wilayah Kota Tangsel.

KOTA TANGERANG
Pasca Lebaran, Kota Tangerang Diprediksi Kedatangan 1.655 Pendatang

Pasca Lebaran, Kota Tangerang Diprediksi Kedatangan 1.655 Pendatang

Selasa, 16 April 2024 | 21:08

Fenomena urbanisasi di Kota Tangerang selalu terjadi pasca arus balik Lebaran 2024. Diprediksi ada sebanyak 1.655 jiwa pendatang baru yang masuk ke kota 1.000 industri dan jasa tersebut.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

SPORT
Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Selasa, 16 April 2024 | 12:26

Gol penyelamat di menit-menit akhir oleh Fahreza Sudin sukses mengantarkan Persita untuk menahan imbang Persib dengan skor 3-3 di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Senin, 15 April 2024, sore.

KAB. TANGERANG
Motor Pegawai Toko Perlengkapan Bayi Raib Dicuri di Cisauk Tangerang

Motor Pegawai Toko Perlengkapan Bayi Raib Dicuri di Cisauk Tangerang

Minggu, 14 April 2024 | 10:23

Sepeda motor milik pegawai Toko Babysay Shok raib digondol maling, di depan Ruko Serpong Garden, Jalan Serpong Garden, Cibogo, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Sabtu 13 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill