Connect With Us

Wujudkan Kesetaraan Gender, Pilar Saga Tegaskan Komitmen Pemkot Tangsel

Tim TangerangNews.com | Rabu, 25 Mei 2022 | 13:03

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan. (@TangerangNews / Humastangsel-Kominfo)

TANGERANGNEWS.com-Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan menegaskan komitmen pihaknya dalam mewujudkan kesetaraan gender di Tangsel.

Komitmen tersebut disampaikan Pilar Saga saat menghadiri sekaligus memberikan arahan dalam kegiatan pengumpulan, pengolahan analisis dan penyajian data gender dan anak dalam kelembagaan data di tingkat daerah kabupaten/kota dalam persiapan menyambut Anugerah Parahita Ekapraya (APE), Selasa 24 Mei 2022.

Pilar menyampaikan tujuh komponen kunci yang harus dilakukan dalam kelembagaan pengarusutamaan gender. Di antaranya yaitu soal komitmen dan Pemkot Tangsel sudah menuangkan hal itu dalam Perda tentang Pengarusutamaan Gender, yakni Perda No. 2 tahun 2018, lalu kebijakan yang tertuang dalam RPJMD.

"Kelembagaan sudah memiliki tim Pokja pengarusutamaan gender, SDM dan anggaran, data atau sistem informasi, metode serta peran serta masyarakat," terangnya.

Pilar menyebut komitmen Pemkot Tangsel terhadap kesetaraan gender menjadi fokus pihaknya. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya untuk Kota Tangsel.

"Tahun 2014 kategori madya, lalu dari 2016 sampai 2022, Alhamdulillah kita di kategori utama," ungkap dia.

Adapun untuk di 2022 ini, Pilar berharap bisa meraih ke kategori mentor. Karena potensi untuk meraih ke sana sangat mungkin.

"Karena memang Tangsel ini karakteristiknya sudah sangat berbeda dengan kota/kabupaten lainnya di Indonesia, mudah-mudahan di 2022 kita mendapatkan kategori mentor," harap Pilar.

Menurut dia, untuk itu diperlukan komitmen, koordinasi, dan integrasi dalam setiap program kegiatan yang berkaitan dengan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di berbagai sektor pembangunan. "Dan ini harus dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan," tegasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Kota Tangsel, Drg. Khairati M. Kes mengatakan, kegiatan ini dalam rangka persiapan untuk koordinasi antarlembaga maupun OPD untuk menyambut penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya.

Penghargaan tersebut, ujar dia, sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pemimpin daerah dalam mewujudkan keadilan atau kesetaraan gender melalui strategi pengarusutamaan gender.

"Alhamdulillah Indeks Pembangunan Gender di Tangsel selalu naik terakhir 93,80 persen dan indeks pemberdayaan gender berada di 73,08 persen," ungkap Khairati.

KOTA TANGERANG
Dibuka 23-29 April, Ini Syarat Daftar Anggota PPK Pilkada Kota Tangerang

Dibuka 23-29 April, Ini Syarat Daftar Anggota PPK Pilkada Kota Tangerang

Rabu, 24 April 2024 | 21:50

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang tahun 2024 bakal segera berlangsung. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang pun telah membuka proses seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

NASIONAL
Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Rabu, 24 April 2024 | 12:17

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill