Connect With Us

Dokter RS Swasta di Tangsel Ngadu ke IDI Banten Gegara Rekomendasi Izin Praktik Tidak Diproses

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 15 September 2022 | 17:19

Herman, Dokter Umum RS Bhineka Bakti Husada mengadukan IDI Tangsel ke IDI Banten karena tidak memproses rekomendasi izin praktik, Kamis 15 September 2022. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Dokter umum salah satu rumah sakit swasta di Tangerang Selatan (Tangsel), Herman, mengeluhkan terkait pengajuan rekomendasi legalitas praktik yang tidak kunjung diproses Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Tangsel.

Ia pun mengadukan masalah itu ke IDI Wilayah Banten dengan mendatangi langsung Kantor Sekretariat di Jalan KH Hasyim Ashari, Kelurahan Buaran Indah, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Kamis 15 September 2022.

Herman mengatakan, untuk mendapatkan surat izin praktik (SIP) harus memiliki surat rekomendasi dari IDI wilayah tempatnya bekerja, yaitu IDI cabang Tangsel.

Ia sendiri telah mengajukan sejak 24 Juli 2022. Namun sampai sekarang surat rekomendasi itu belum ditandatangani Ketua IDI Tangsel Fajar Siddiq.

"Seharusnya tujuh hari kerja (selesai), tapi sampai sekarang belum diproses. Harusnya dari ketua IDI cabang mengeluarkan surat secara tertulis," ujar Herman yang berpraktek di RS Bhineka Bakti Husada, Pamulang.

Herman mengaku datang mewakili tiga dokter lain yang juga membuat pengaduan soal proses rekomendasi izin praktik tersebut, karena di rumah sakit tempatnya bekerja kekurangan tenaga dokter umum.

Pihaknya hingga saat ini pun belum mengetahui alasan ketua IDI Tangsel belum menandatangani surat rekomendasi itu.

"Alasannya apa sampai saat ini kita juga belum tahu dan belum menerima surat tertulis tersebut. Kalau rekomendasi tidak ada SIP tidak terbit. Kalau SIP tidak ada, legalitas dokter untuk berpraktik ya tidak ada," jelasnya.

Sementara itu, Ketua IDI Wilayah Banten Darmawan mengaku belum mengetahui adanya hal tersebut. Dirinya akan mempelajari kasus itu terlebih dahulu sebelum berkomentar.

"Saya belum tahu, keterangannya saya belum lihat juga, apa kendalanya terkait rekomendasi seperti apa. Untuk pastinya saya pelajari dulu ya," singkat Darmawan.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

MANCANEGARA
Sukses Siapkan SPKLU di Jalur Mudik Lebaran 2024. PLN Banjir Apresiasi

Sukses Siapkan SPKLU di Jalur Mudik Lebaran 2024. PLN Banjir Apresiasi

Senin, 22 April 2024 | 10:02

Kehadiran 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PT PLN (Persero) selama masa mudik dan balik Idul Fitri 1445 Hijriah dinilai sangat membantu para pemudik, khususnya pengguna kendaraan listrik.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill