Connect With Us

Jelang Hari Raya Idul Adha, DKP3 Klaim Hewan Kurban di Tangsel Steril dari Penyakit LSD

Fahrul Dwi Putra | Senin, 5 Juni 2023 | 11:10

Hewan kurban jenis sapi di Jalan Raya Maruga, Ciputat, Tangsel. (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com- Jelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengklaim belum ada kasus hewan kurban terjangkit penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) di wilayahnya.

Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Kepala DKP3 Kota Tangsel Yepi Suherman usai pihaknya melalui tim Puskeswan telah berkeliling ke tiap peternakan di wilayah Tangsel guna memastikan kondisi kesehatan hewan-hewan kurban.

“Iya, belum. Kita dari tim Puskeswan kan hampir setiap hari keliling ke tempat perternak hewan dan kontrol penjual sapi-sapi kurban. Belum ada indikasi penyakit tersebut,” katanya dikutip dari antaranews.com pada Senin, 5 Juni 2023.

Lebih lanjut, Yepi memaparkan ciri-ciri dari hewan yang terindikasi menderita penyakit LSD, yakni ditandai dengan munculnya cukup banyak benjolan di permukaan dagingnya.

“Biasanya dari kulit badannya ada benjolan seperti ‘buduk’ atau kutil di permukaan dagingnya,” jelasna.

Yepi mengimbau agar para pemilik lapak ternak hewan kurban agar segera melapor ke DKP3 untuk dilakukan pemeriksaan sebelum mendistribusikan hewan-hewan tersebut ke berbagai tempat penjualan.

Hal ini guna menghindari terjangkitnya hewan kurban dari penyakit-penyakit tertentu. Selain itu, pemilik lapak akan memperoleh Sertifikat Kesehatan Hewan (SKH) dan tempatnya ditempelkan stiker sebagai tanda bahwa hewan-hewan yang dijual sudah terbebas dari penyakit.

“Sebaiknya sebelum mengirim hewan kurban. Terutama daerah banyak wabahnya, harus ada SKH dulu supaya menjamin agar yang mereka bawa tidak teridentifikasi penyakit tersebut. Nanti kalau sudah diperiksa dipasang stiker dilapak-lapaknya,” pungkasnya.

KOTA TANGERANG
Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Jumat, 26 April 2024 | 14:27

Sebanyak 25 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten, yang berlangsung di Kota Tangerang pada8 Juni 2024 mendatang.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill