Connect With Us

Pesawat Latih Jatuh di BSD Tangsel Diduga Tabrak Pohon saat Hendak Mendarat Darurat

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 20 Mei 2024 | 13:13

Proses evakuasi jenazah korban pesawat jatuh di BSD, Cilenggang, Serpong, Kota Tangsel, Minggu 19 Mei 2024, sore. (@TangerangNews / Yanto)

TANGERANGNEWS.com-Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menjelaskan bila pesawat Tipe Tecnam P2006T dengan nomor registrasi PK-IFP diduga hendak mendarat darurat di Lapangan Sunburst BSD, Serpong, Kota Tangsel, Minggu 19 Mei 2024.

Namun nahas, pesawat milik Indonesia Flying Club tersebut menabrak pohon di area tersebut, hingga akhirnya jatuh dan menewaskan tiga orang.

"Kita mempelajari kenapa pilot mengarahkan pesawat ke lapangan ini. Di sini kita lihat pilot mungkin hendak mendarat darurat, karena memang di situ lapangan, cuma masalahnya dia terkena pohon duluan,"ungkap Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono.

Soerjanto menyebut, ada kemungkinan juga, sebelum terjadinya kecelakaan, pesawat terbang rendah hingga akhirnya menabrak pepohonan. 

"Ya kalau tinggi enggak nabrak pohon. Tapi, enggak tahu kenapa rendahnya," ujarnya.

Namun penyebab pasti kecelakaan pesawat itu masih diselidiki lebih lanjut. KNKT juga memeriksa puing-puing pesawat yang berceceran dampak dari pesawat jatuh, hingga kecelakaan yang membuat sang pilot terpental keluar dari pesawat.

"Kita catat semua posisi-posisinya, mesin dan baling-baling yang jatuh di sana. Itu nanti nanti dari posisi jatuhnya, mencoba bagaimana sih sikap pesawat ketika terakhir-terakhir sebelum menabrak pohon," jelas Soerjanto.

Termasuk adanya percakapan antara pilot dengan menara pengawas, hingga adanya kabar pemberitahuan bahaya dari sang pilot kepada menara pengawas sebelum pesawat itu jatuh.

"Termasuk percakapan dengan menara pengawas, itu nanti kita dengerin apa yang menjadi percakapannya," terang Soerjanto.

KAB. TANGERANG
Buka Seleksi CPNS dan PPPK, Pemkab Tangerang Imbau Jangan Percaya Calo

Buka Seleksi CPNS dan PPPK, Pemkab Tangerang Imbau Jangan Percaya Calo

Minggu, 6 Oktober 2024 | 15:25

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tangerang Hendar Herawan mengimbau agar tidak percaya terhadap oknum atau calo, yang menjanjikan membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi pegawai di pemerintahan.

AYO! TANGERANG CERDAS
34 Sekolah di Kota Tangerang Raih Penghargaan Adiwiyata dari KLHK, Ini Daftarnya

34 Sekolah di Kota Tangerang Raih Penghargaan Adiwiyata dari KLHK, Ini Daftarnya

Kamis, 3 Oktober 2024 | 13:15

Sebanyak 34 sekolah yang dibina oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang berhasil meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional dan Mandiri dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI).

BISNIS
Program Loyalitas Telkomsel Prestige Hadirkan Ragam Keuntungan dan Manfaat Baru

Program Loyalitas Telkomsel Prestige Hadirkan Ragam Keuntungan dan Manfaat Baru

Jumat, 27 September 2024 | 23:04

Telkomsel memperkenalkan peningkatan terbaru pada program loyalitas Telkomsel Prestige. Program ini hadir dengan ragam benefit dan manfaat baru, yang dirancang untuk memberikan pengalaman yang lebih personal dan memuaskan bagi pelanggan setia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill