Connect With Us

Masih Banyak Balita Diberi Kental Manis, Bidan di Tangsel Gencarkan Edukasi

Yanto | Rabu, 26 Juni 2024 | 16:52

Ikatan Bidan Indonesia Tangsel bersama Yayasan Abhipraya Insan Cendekia Indonesia gelar edukasi pencegahan salah konsumsi kental manis, Rabu 26 Juni 2023. (@TangerangNews / Yanto)

TANGERANGNEWS.com-Memperingati Hari Bidan Nasional ke-73, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Tangerang Selatan (Tangsel) bersama Yayasan Abhipraya Insan Cendekia Indonesia (YAICI) menggelar edukasi pencegahan salah konsumsi kental manis, Rabu 26 Juni 2023.

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan persoalan kesalahan konsumsi kental manis hingga saat ini masih menjadi sorotan berbagai pihak.

Sebab, masih banyak ditemukan pemberian kental manis untuk anak, baik karena alasan ekonomi keluarga maupun faktor ketidaktahuan ibu.

Karena itu ia meminta seluruh masyarakat terutama ibu-ibu muda memperhatikan asupan susu yang diberikan untuk anak. 

“Jangan sampai ada yang memberikan kental manis untuk anak ataupun sebagai pengganti ASI. Karena kental manis bukan susu untuk anak, gulanya sangat tinggi bisa mencapai 50%, tidak baik untuk kesehatan anak,” jelasnya.

Ketua Harian YAICI Arif Hidayat mengatakan pemerintah melalui BPOM telah mengeluarkan ketentuan penggunaan dan promosi kental manis sejak 2018 yang lalu.

Namun edukasi untuk masyarakat perlu terus dilakukan mengingat selalu ada orang tua baru, kelahiran baru serta bayi dan balita yang baru lahir.

"Para orang tua baru inilah yang berpotensi memberikan kental manis untuk anak bila tidak mendapat edukasi gizi yang tepat,” jelas Arif.

Anggota DPRD Tangsel Putri Ayu berharap para bidan dapat mengambil peran penting dalam meneruskan edukasi mengenai bahaya penggunaan kental manis bukan untuk dikonsumsi sebagai minuman anak.

“Ibu-ibu yang kesulitan memberikan ASI, jika tidak diedukasi akan beralih ke kental manis yang harganya lebih ekonomis,” jelasnya. 

“Sekarang itu era digital, informasi sangat masif. Kecenderungan masyarakat adalah memilih informasi yang disukai, lalu mencari pembenaran. Jika ibu tidak dibekali dengan pengetahuan gizi, maka kita tidak akan bisa menyelesaikan kesalahan konsumsi kental manis ini,” tambah Putri.

Oleh karena itu, bidan sebagai tenaga kesehatan yang dekat dengan masyarakat memiliki peran penting untuk memutus mata rantai kesalahan konsumsi susu ini. 

“Bidan harus bisa mengikuti transformasi digital, memanfaatkan berbagai platform untuk memberikan edukasi gizi untuk ibu,” pungkasnya.

Ketua IBI Tangsel Eni Rohaeni menegaskan IBI bersama Pemkot Tangsel terus mengedukasi masyarakat tentang pemberian ASI ekslusif.  Saat ini, jumlah anggota IBI ada 1.277 yang tersebar di 7 kecamatan dan 54 kelurahan Kota Tangsel.

“Kami harap selanjutnya bidan anggota IBI dapat terus menularkan edukasi gizi, dan juga turut serta mensosialisasikan ke masyarakat untuk tidak memberikan kental manis sebagai minuman susu anak,” papar Eni.

SPORT
Indonesia U-20 Tumbangkan Argentina U-20, Netizen: Infokan Jadwal Tanding Ulang Lawan Messi

Indonesia U-20 Tumbangkan Argentina U-20, Netizen: Infokan Jadwal Tanding Ulang Lawan Messi

Kamis, 29 Agustus 2024 | 09:59

Timnas Indonesia U-20 mencetak sejarah usai berhasil menaklukkan Timnas Argentina U-20 dalam laga pembuka mini turnamen Seoul Earth On Us Cup 2024 di Seoul, Korea Selatan, Rabu, 28 Agustus 2024.

NASIONAL
Dibatasi Mulai Oktober, Simak Cara Daftar BBM Subsidi 

Dibatasi Mulai Oktober, Simak Cara Daftar BBM Subsidi 

Sabtu, 7 September 2024 | 21:39

Pemerintah akan menerapkan kebijakan pembatasan distribusi BBM bersubsidi, seperti Pertalite dan Solar, yang rencananya berjalan efektif pada Oktober atau November 2024.

KOTA TANGERANG
Geger Pasutri Tewas dengan Luka Tusukan di Cipondoh, Ditemukan Pesan Wasiat Warisan

Geger Pasutri Tewas dengan Luka Tusukan di Cipondoh, Ditemukan Pesan Wasiat Warisan

Jumat, 6 September 2024 | 23:01

Warga Cipondoh, Kota Tangerang digegerkan penemuan mayat pasangan suami-istri (pasutri) di dalam rumahnya, pada Kamis 05 September 2024, sekitar pukul 17.00 WIB.

PROPERTI
Manfaatkan PPN DTP 100%, Aryana Karawaci Hadirkan Klaster Terbaru Mulai 600 jutaan

Manfaatkan PPN DTP 100%, Aryana Karawaci Hadirkan Klaster Terbaru Mulai 600 jutaan

Minggu, 1 September 2024 | 11:54

PT Purinusa Jayakusuma, pengembang Aryana Karawaci Tangerang, merespon positif langkah pemerintah yang memperpanjang insentif 100% Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill