Connect With Us

Rencana Proyek MRT Tembus ke Tangsel Masih Mandek Soal Pendanaan

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 11 Juli 2024 | 22:14

Ilustrasi MRT. (@TangerangNews / Dok : Pemprov DKI)

TANGERANGNEWS.com-Rencana proyek MRT Jakarta diperpanjang hingga Tangerang Selatan (Tangsel) masih terkendala masalah pendanaan.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama MRT Jakarta, Tuhiyat. Menurutnya, Kendala utama dalam proyek ini adalah soal pendanaan lantaran tidak semua wilayah memiliki kekuatan finansial seperti DKI Jakarta.

Terlebih, MRT merupakan BUMD milik Jakarta, sehingga fokus pembangunannya hanya di DKI Jakarta, yang saat ini baru mencapai titik perhentian terakhir di Lebak Bulus.

"Ke arah Tangsel, Cikarang, Banten itu interkoneksi yang harus dilakukan. Karena itu pemerintah provinsi atau Pemkot yang bersangkutan plus pemerintah pusat, jadi plannya itu semua di Kemenhub. MRT siap aja anytime," ujar Tuhiyat dikutip dari CNBC Indonesia, Kamis, 11 Juli 2024.

Lanjut Tuhiyat, pihaknya sempat melakukan pembicaraan dengan Wali Kota Tangsel saat itu (Airin Rachmi Diany) dan BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek).

"(Sekarang) bukan berhenti tapi penjajakan financing semua kuncinya di financing. BPTJ sekarang lagi lakukan kajian," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Weni Maulina menyebutkan pentingnya pendanaan untuk keberlangsungan proyek ini. Pemerintah daerah dapat mencari dana dengan menarik investor melalui pendanaan swasta.

"Saat ini pemerintah menjajaki alternatif-alternatif pendanaan yang lebih kreatif, jadi bisa mengundang beberapa pihak, atau beberapa investor, jadi banyak penjajakan dalam bentuk creative financing, sehingga daerah yang fiskalnya belum setinggi DKI bisa dicarikan opsinya," katanya.

WISATA
Favehotel Ganti Nama Jadi Sahid Bandara Soetta, Ini Fasilitas Barunya 

Favehotel Ganti Nama Jadi Sahid Bandara Soetta, Ini Fasilitas Barunya 

Jumat, 6 September 2024 | 11:40

Salah satu hotel bintang tiga di Kota Tangerang telah resmi melakukan rebranding, yakni memperbarui nama dan fasilitasnya demi meningkatkan kenyamanan tamu.

TOKOH
Profil Faisal Basri, Ekonom Senior Indonesia yang Meninggal Dunia Hari Ini

Profil Faisal Basri, Ekonom Senior Indonesia yang Meninggal Dunia Hari Ini

Kamis, 5 September 2024 | 12:31

Ekonom senior Indonesia, Faisal Basri, dikabarkan meninggal dunia pada Kamis, 5 September 2024.

PROPERTI
Manfaatkan PPN DTP 100%, Aryana Karawaci Hadirkan Klaster Terbaru Mulai 600 jutaan

Manfaatkan PPN DTP 100%, Aryana Karawaci Hadirkan Klaster Terbaru Mulai 600 jutaan

Minggu, 1 September 2024 | 11:54

PT Purinusa Jayakusuma, pengembang Aryana Karawaci Tangerang, merespon positif langkah pemerintah yang memperpanjang insentif 100% Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP).

TANGSEL
Polisi Buru Pelaku Penculikan dan Pencabulan Bocah SD Modus Jemput Sekolah di Tangsel

Polisi Buru Pelaku Penculikan dan Pencabulan Bocah SD Modus Jemput Sekolah di Tangsel

Sabtu, 7 September 2024 | 21:40

Pihak Kepolisian tengah menyelidiki kasus penculikan disertai dugaan pencabulan tehadap bocah SD di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill