Connect With Us

Situ Gintung Jadi Sumber Air Baku

Denny Bagus Irawan | Selasa, 11 Oktober 2011 | 18:06

| Dibaca : 34686

Situ Gintung, Ciputat Timur, Kota Tangsel. (tangerangnews / dira)

TANGERANGNEWS.com-Situ Gintung yang berlokasi di Kelurahan, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan (Tangsel) yang direhabilitasi menjadi waduk secara resmi digunakan, Selasa (11/10).
Setelah menjadi waduk, Situ Gintung berfungsi sebagai konservasi sumber daya air dan sumber air baku bagi daerah penyangga dan Jakarta.
 
"Air dalam waduk sengaja dibendung dan tak dialirkan agar cadangan air tanah banyak sehingga warga tidak lagi kesulitan memperoleh air tanah," kata Direktur Sungai dan Pantai Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum Pitoyo Subandrio saat Pengisian Awal Waduk itu di Cirendeu, Selasa.
 
Pengisian awal waduk sebagai simbol mulai difungsikannya Waduk Gintung dilakukan Pitoyo bersama Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany.
 
Tanggul Situ Gintung jebol sepanjang 30 meter pada 27 Maret 2009 lalu. Ratusan jiwa menjadi korban dalam tragedi dini hari itu. Mulai tanggal 3 Desember 2009 hingga 31 Desember 2010 situ tersebut direhabilitasi.
 
Setelah direhabilitasi, tanggul Waduk Gintung setinggi 15,15 meter dari dasar fondasi. Volume air tampungan waduk 720.000 meter kubik (m3) pada kondisi muka air normal dan maksimal 959.000 m3 pada kondisi muka air banjir rancangan Q1.000 tahun.
 
Kekuatan dari waduk itu, tambah Pitoyo, lebih dari 100 tahun. "Tanggul sebelum jebol dibangun tahun 1930 dan runtuh tahun 2009. Yang dibangun saat ini berkekuatan 100 tahun asalkan tak ada limpasan air," tambah Pitoyo.
 
Selanjutnya, pengisian awal waduk dilakukan setelah terbit sertifikasi izin dari Ketua Komisi Keamanan Bendungan (KKB) yang juga Menteri Pekerjaan Umum pada tanggal 27 September 2011 lalu.
 
Setelah menjadi waduk, kata Pitoyo, pelaksanaan pengelolaannya dilakukan Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu Pelaksana Pengelolaan Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane.
 
"Harapannya, air waduk ini akan terisi penuh pada dua kali musim hujan, tahun 2012 dan 2013 mendatang," jelas Pitoyo.
 
Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany menyambut baik difungsikannya lagi Waduk Gintung.
"Diharapkan, kawasan waduk ini menjadi taman kota bagi wilayah Ciputat Timur. Ini menjadi program kami di setiap kecamatan dibangun minimal satu taman kota. Selain penghijauan, juga sebagai lokasi tangkapan air," jelas Airin. (DRA)
 

 

PROPERTI
Milenial jangan Piknik saat Pandemik, Lebih Baik Invest Properti yang Turun Harga

Milenial jangan Piknik saat Pandemik, Lebih Baik Invest Properti yang Turun Harga

Kamis, 14 Mei 2020 | 22:03

TANGERANGNEWS.com- Properti masih menjadi sektor yang akan tumbuh di masa pandemi saat ini.

OPINI
Ongkos Taubat Nasuha, Kisah Nyata Seorang Wartawan Menjemput Iman

Ongkos Taubat Nasuha, Kisah Nyata Seorang Wartawan Menjemput Iman

Jumat, 26 Juni 2020 | 09:46

TANGERANGNEWS.com-Taubat untuk menjemput dan meraih ampunan Allah SWT bukan hal mudah. Menuntut tekad yang kuat dan konsistensi. Perlu metode untuk terus menguatkan iman kala melemah. Butuh latihan untuk menggapai ikhlas

BISNIS
Hadir Saat Pandemi, Kopikren015 Bagikan Kopi Gratis di Pondok Aren

Hadir Saat Pandemi, Kopikren015 Bagikan Kopi Gratis di Pondok Aren

Minggu, 28 Juni 2020 | 19:57

TANGERANGNEWS.com-Dengan menawarkan menu yang menarik, kedai kopi Kopikren015 hadir di kawasan Fresh Market Emerald Bintaro, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan

WISATA
Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Sabtu, 13 Juni 2020 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Di tengah hiruk pikuk Kota Tangerang Selatan (Tangsel), ternyata terdapat ruang terbuka hijau yang menjadi tempat favorit

"Belajar dari hari kemarin, hiduplah untuk hari ini, berharaplah untuk hari esok "

Albert Einstein