Connect With Us

Persiapan Matang, Serpong Utara Siap Gelar MTQ ke-3 Kota Tangsel

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 22 Februari 2012 | 19:34

Panggung utama MTQ ke-3 di Masjid Asmaul Husna sedang dibangun. (TN / TN)

TANGERANGNEWS.com—Komplek Masjid Asmaul Husna di kawasan perumahan Alam Sutera, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangsel, Rabu pagi (22/2/2012) terlihat lebih ramai dari hari biasanya. Puluhan orang berlalu lalang di kawasan masjid itu. Ada yang memasang tenda raksasa, memasang umbul-umbul dan baliho serta memasang panggung dan dekorasi. Semuanya terlihat sibuk.

Aktivitas yang di luar kebiasaan di masjid megah itu memang sengaja dilakukan orang-orang tersebut. Hal itu sebagai persiapan digelarnya Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang ke-3 tingkat Kota Tangerang Selatan yang digelar di Masjid Asmaul Husna. Setelah tahun lalu Pamulang sebagai tuan rumah, tahun ini Kecamatan Serpong Utara yang didaulat sebagai ‘sohibul bait’ dalam ajang yang digelar pada Jumat-Minggu (24-26 Februari 2012).  

Layaknya tuan rumah yang baik, seluruh persiapan sudah dilakukan oleh Kecamatan Serpong Utara sejak jauh-jauh hari. Mulai pembentukan panitia, penentuan lokasi panggung utama dan arena perlombaan, persiapan logsitik dan juga persiapan acara. Dan kini, di sisa waktu yang tinggal beberapa hari menjelang perlombaan, persiapan pun nyaris hanya tinggal teknis pelaksanaan.
 

Menurut Sekretaris Kecamatan Serpong Utara Heryadi, untuk persiapan arena perlombaan seperti pembuatan panggung saat ini sudah hampir 80 persen. Begitu juga persiapan pendukung lainnya seperti akomodasi peserta, pengisi acara termasuk dewan hakim dan logistik selama acara pun sudah siap.

“Insya Allah kita sudah siap, tinggal pelaksaanaan. Mudah-mudahan nanti pada saat pelaksanaan semua berjalan lancar hingga akhir,” kata Heryadi yang duduk sebagai Sekretaris dalam kepanitiaan MTQ ke-3 Kota Tangsel.

Ribuan Orang Bakal Hadiri MTQ

Seperti tahun-tahun sebelumnya, cabang perlombaan yang digelar di MTQ ke-3 Kota Tangsel tahun ini juga tidak mengalami perubahan. Beberapa cabang perlombaan itu di antaranya Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Hifdzil Quran, Tafsir Quran, Fahm Quran, Khath Al-Quran, Murotal Alquran, Syarah Quran dan Qiroatul Kutub. Selain mempertandingkan untuk tingkat dewasa, beberapa jenis perlombaan juga mempertandingkan untuk kategori anak-anak.

Untuk memepermudah jalannya lomba, panitia menyediakan tidak hanya satu arena tapi hingga sembilan arena yang berbeda-beda. Kesembilan arena itu adalah arena A yang merupakan panggung utama berlokasi di Masjid Asmaul Husna, arena B berlokasi di Masjid Al Awabin, Kelurahan Pakujaya, arena C di halaman Kelurahan Pakualam, arena D di Masjid Al Mu’minin, Kelurahan Pakulonan, dan arena E di Masjid Ainul Yaqin, Kelurahan Pondok Jagung Timur. Kemudian arena F di SMPN 15, Kelurahan Pakualam, arena G di Sekolah Ar Rahmaniyah, Kelurahan Pakualam, arena H di SMPN 16, Kelurahan Pakujaya, dan arena I di Masjid Nurul Ikhlas, Kelurahan Pakujaya.

“Selain itu kami juga menyediakan tujuh penginapan untuk masing-masing kafilah,” imbuh Heryadi.

Tak hanya berisikan perlombaan saja, untuk lebih memeriahkan MTQ kali ini, panitia juga mengadakan sejumlah hiburan. Antara lain pertunjukan seni dan defile/pawai taa’ruf kafilah.

Heryadi menambahkan, sesuai arahan dari LPTQ dan demi menyemarakkan acara tersebut, masing-masing kafilah (utusan kecamatan) diminta mengirimkan 300 orang sebagai peserta pawai. Selain itu, dari setiap instansi, badan atau kantor juga wajib mengirimkan peserta pawai ta’aruf  dengan jumlah tergantung masing-masing instansi.

“Tapi khusus untuk Serpong Utara, kita selaku tuan rumah targetkan minimal seribu orang yang hadir mengikuti pawai,” tukas Heryadi.

Untuk rute pawai sendiri, jelas Heryadi akan mengambil start di Sport Center Graha Raya Bintaro kemudian berturut-turut melintasi Jalan Graha Raya, Jalan Bhayangkara Raya, Jalan Raya Alam Sutera dan finish di Sport Center Alam Sutera. Sebagai pengawalan selama pawai berlangsung, panitia akan menerjunkan sedikitnya 150 orang yang berasal dari kepolisian, satpol PP, Koramil dan Dinas Perhubungan.

“Para petugas keamanan itu akan berjaga-jaga tidak hanya pawai saja, tapi selama MTQ berlangsung,” dia menambahkan.

Sukses Penyelenggara, Sukses Prestasi

Menyinggung tentang target dari Kecamatan Serpong Utara, Heryadi mengaku tidak muluk-muluk. Namun secara pribadi, ia berharap ada dua kesuksesan yang bisa diperoleh. Yang pertama sukses dalam penyelenggaraan. Maksudnya, selama acara tidak ada gangguan. Yang kedua sukses prestasi atau bisa meraih juara umum.

“Kalau bisa Serpong Utara bisa jadi juara umum. Tapi yang lebih penting bagi kami sebagai tuan rumah adalah sukses penyelenggaraan,” papar dia. Sekadar diketahui, pada MTQ tahun lalu di Pamulang, Serpong Utara hanya menempati peringkat keempat dari tujuh kafilah. Sedangkan pada tahun 2010, Serpong Utara menempati peringkat ketiga. (FAW/ADV)   



TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill