Connect With Us

1.474 Warga Kota Tangsel Menderita DBD & TBC

| Rabu, 9 Januari 2013 | 18:39

Petugas Dinas Kesehatan Kota Tangsel saat memeriksa pasien DBD. (tangerangnews / danang)

 


TANGERANG
-Akumulasi data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel pada tahun 2012 ditemukan sekitar 1.474 warga Kota Tangsel positif menderita penyakit Demam Berdarah Degue (DBD) dan Tuberculosis (TBC).

Kepala Dinkes Kota Tangsel Dadang M Epid  mengatakan, pihaknya menemukan sekitar 842 penderita DBD dan 632 penderita TBC pada akumulasi data tahun 2012. "Jelas angka ini menunjukan adanya peningkatan dari tahun sebelumnya," ucapnya saat ditemui Rabu (9/1).

Masih kata Dadang, pada tahun 2011 penderita DBD sekitar 707 dan penderita TBC sekitar 570. Sementara guna menghindari penyakit DBD masyarakat diharapkan dapat melakukan pola hidup bersih dengan Menutup, Menguras dan Mengubur (3M). "Apalagi saat ini musim penghujan, pastinya lembab dan membuat jentik-jentik dapat mudah berkembang biak," katanya.

Sementara Dadang menjelaskan, penyebab terjadinya CBD akibat adanya bakteri gram negatif dalam tubuh, dimana penularannya dapat mudah terjadi melalui interaksi langsung terhadap penderita dan juga dahak dari penderita. "Diharapkan masyarakat dapat menjaga kontak langsung dengan  penderita TBC menggunakan masker," jelasnya.

Dadang menambahkan,  jika warga menemukan anggota keluarga yang mengalami batuk berkelanjutan hingga dua minggu, agar segera membawanya ke Pukesmas terdekat untuk diperiksa. "Pemeriksaan sudah gratis, hingga mendapatkan perobatan selama enam minggu dan harus dilakukan secara rutin dalam pengkonsumsian obat yang dianjurkan," tambahnya.

Sementara diketahui pada 2011 penderita DBD di Kota Tangsel telah menelan korban jiwa dua orang dan pada 2012 lima orang. (DNG)
 
TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

BANTEN
Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:22

Sebanyak 1.000 anak yatim yang berada di Kabupaten Tangerang mendapat santunan dari Pemerintah dan DPRD Provinsi Banten, serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill