Connect With Us

PNS Tangerang kini Tak 'Gaptek' Lagi

EYD | Jumat, 11 September 2015 | 18:51

| Dibaca : 3227

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah ketika menjalani tugas dinas beberapa waktu lalu. Orang nomor satu di Kota Tangerang ini dipastikan bangga karena Pegawai Negeri Sipil di wilayahnya tak gagap teknologi lagi. (ist / tangerangnews)

TANGERANG – Manfaat Program Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) secara online yang digulirkan Walikota Tangerang Arief R Wismansyah sejak 2014 kini sudah mulai dirasakan, terutama bagi seluruh PNS maupun pejabat yang bertugas di lingkup kota yang mengusung konsep smart city (kota cerdas).

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Ta ngerang Mohamad Noor mengatakan, program ini merupakan ide dari walikota yang menginginkan agar sistem penilaian kinerja pegawai lebih mudah, cepat, tepat, dan akurat serta mendorong seluruh PNS di Kota Tangerang melek Informasi Teknologi (IT) dan mampu menggunakan aplikasi berbasis IT.

”Dengan adanya sistem penilaian kinerja pegawai secara online ini, maka setiap pegawai bisa lebih cepat mengetahui hasil penilaian kinerjanya secara berkala, karena cukup melihatnya melalui aplikasi yang sudah kami buat,” ujar M Noor.

Selain itu, kata mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Koperasi (Disperindagkop) itu, program ini merupakan salah satu program unggulan yang mengacu pada PP No 46 Tentang Penilaian Kinerja Pegawai. Dengan aplikasi ini, para pimpinan juga bisa dengan mudah memberikan penilaian terkait kinerja anak buahnya dengan menggunakan handphone yang berbasis android.

”Sistem ini juga dapat meningkatkan motivasi pegawai, karena hasil kinerja pegawai bisa dilihat dan dinilai langsung oleh pegawai,” jelasnya.

Sementara Kepala Bidang Pengembangan Karir (Bangrir) BKPP Kota Tangerang Jatmiko mengungkapkan bahwa aplikasi ini sangat mudah digunakan dan tidak perlu diinstal, karena hanya membutuhkan jaringan internet. Sehingga, bisa diakses seluruh pegawai tanpa terkecuali.

”Saat ini handphone dengan aplikasi berbasis android bukan lagi jadi barang mewah dan hampir seluruh pegawai menggunakannya. Bagi kami ini adalah salah satu terobosan dalam rangka mewujudkan Kota Tangerang menjadi smart city yang merupakan program unggulan Pemkot Tangerang,” tegasnya.

Dijelaskan Jatmiko, terkait penilaian kinerja pegawai, dengan sistem SKP Online para PNS di lingkup Pemkot Tangerang, tidak perlu merasa khawatir soal standar penilaian. Hal ini lantaran sistem penilaian dilakukan secara terbuka, cepat, tepat, akurat sesuai dengan kinerja masing-masing pegawai. ”Kalau dengan sistem manual seperti dulu, kita harus menunggu pimpinan untuk tandatangan berkas, itupun tidak pasti. Sekarang semuanya serba mudah cepat dan tepat,” tegasnya.

Selain program tersebut kata Jatmiko BKPP Kota Tangerang saat ini tengah mejalankan program dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN), yaitu Pendataan Ulang PNS (PUPNS) secara online. ”Program ini sama halnya dengan sensus penduduk, bedanya yang didata hanya PNS di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Saat ini kata Jatmiko, data PNS yang ada di BKN masih berantakan dan belum valid. Oleh karena itu, pihakl BKN meminta setiap daerah untuk mendata ulang seluruh pegawai, namun dengan sistem online. ”Setiap pegawai diberikan user id oleh BKN, jadi mereka tinggal memasukan entri data pribadi sesuai dengan user id yang telah diberikan,” tuturnya.

PUPNS ini kata Jatmiko mengacu pada UU ASN Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Manajemen SDM Aparatur Negara. ”Setiap pegawai wajib mendaftarkan dirinya dan harus punya e-mail sendiri. Hal ini juga secara tidak langsung, mendorong para PNS agar mampu menguasai teknologi informasi,” jelasnya.

Sekda Kota Tangerang, Dadi Budaeri mengatakan bahwa program SKP Online yang mulai berjalan awal 2015 ini sangat memudahkan unsur pimpinan dalam memberikan penilaian kinerja bawahan secara tepat, cepat dan akurat. “Sekarang tidak perlu lagi tumpukan berkas dan waktu yang lama kalau ingin memberikan penilaian, cukup buka handphone beres,” kata pria yang kerap menggunakan kacamata itu.

TEKNO
Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Sabtu, 28 Maret 2020 | 18:40

TANGERANGNEWS.com-Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Prof Bambang PS Brodjonegoro, melalui

BANDARA
Penumpang COVID-19 Lolos di Bandara Soetta, Ini Kata KKP

Penumpang COVID-19 Lolos di Bandara Soetta, Ini Kata KKP

Jumat, 3 Juli 2020 | 11:11

TANGERANGNEWS.com-Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno Hatta (Soetta) semakin memperketat pengawasan pemeriksaan dokumen kesehatan calon penumpang

KAB. TANGERANG
Ini Identitas Ojol Gantung Diri di Cikupa

Ini Identitas Ojol Gantung Diri di Cikupa

Kamis, 9 Juli 2020 | 14:39

TANGERANGNEWS.com-Pengemudi ojek online (Ojol) yang tewas gantung diri di Kampung Semprok, RT17/7, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, diketahui bernama Sutrisno

MANCANEGARA
Napoleon, Ikan dari Indonesia Mulai Muncul Lagi

Napoleon, Ikan dari Indonesia Mulai Muncul Lagi

Jumat, 3 Juli 2020 | 09:45

TANGERANGNEWS.com-Ikan Napoleon (Cheilinus undulatus)adalah ikan yang hidup diperairan terumbu karang. Konon dinamakan ikan Napoleon karena bentuk tonjolan di kepala ikan ini

"Dengan Hidup yang Hanya Sepanjang  Setengah Tarikan Napas, Jangan Tanam Apapun Kecuali Cinta."

Jalaluddin Rumi