Connect With Us

Apa Perbedaan LED dengan Lampu Lainnya?

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 30 September 2020 | 13:30

Lampu LED. (@TangerangNews / Istimewa)

Saat kita berbicara tentang bola lampu biasa yaitu bola lampu pijar, yang dimana jenisnya sudah ada sejak Thomas Edison pada tahun 1879. Bola lampu ini memiliki filamen yang bersinar, menghasilkan panas dan cahaya saat energi mengalir melaluinya.

LED, di sisi lain, memiliki elektron yang mengalir untuk menciptakan foton, cahaya yang bisa kita lihat. Foton hampir tidak menghasilkan panas. LED juga membutuhkan energi yang jauh lebih sedikit untuk menciptakan jumlah kecerahan yang sama seperti lampu pijar dan bertahan lebih lama.

Adapun beberapa fitur utama pencahayaan LED diantaranya merupakan teknologi lampu solid state yang dibuat dengan Light Emitting Dioda. Lebih hemat energi dibanding lampu pijar, fluorescent, atau lampu lainnya.

Lalu, bisa beroperasi pada suhu yang jauh lebih rendah dan permukaan tetap dingin saat disentuh. Ramah lingkungan, tahan lama serta mampu digunakan selama berjam-jam.

Seiring dengan teknologi pencahayaan LED menawarkan banyak manfaat langsung bagi pengguna. Diantaranya penghematan energi hingga 75% - 90% dengan durasi penggunaan 50.000 jam. Hanya memerlukan perawatan ringan, tanpa merkuri dan tidak ada sinar UV.

Selain itu, rendering warna yang akurat, mengurangi ketegangan mata karena adanya fitur eye care. Garansi yang panjang. Tidak diperlukan ballast. Mudah dipasang dengan cukup menggunakan perlengkapan yang ada serta terbuat dari bahan yang dapat didaur ulang.

SPORT
Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Selasa, 16 April 2024 | 12:26

Gol penyelamat di menit-menit akhir oleh Fahreza Sudin sukses mengantarkan Persita untuk menahan imbang Persib dengan skor 3-3 di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Senin, 15 April 2024, sore.

HIBURAN
Jadwal Nonton dan Harga Tiket Film Siksa Kubur di Bioskop Tangerang Kamis 11 April 2024

Jadwal Nonton dan Harga Tiket Film Siksa Kubur di Bioskop Tangerang Kamis 11 April 2024

Kamis, 11 April 2024 | 06:53

Sutradara kawakan Joko Anwar mengeluarkan karya ke-10 dalam penyutradaraannya bertajuk "Siksa Kubur".

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill