Connect With Us

Pertama di Indonesia, ITS Kembangkan Mobil Tanpa Sopir

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 16 September 2021 | 21:08

i-Car mobil tanpa awak dengan jaringan internet 5G. (@TangerangNews / Instagram its_campus)

TANGERANGNEWS.com-i-Car mobil tanpa awak dengan jaringan internet 5G pertama di Indonesia tengah dikembangkan oleh Institut Teknologi 10 November (ITS).

Dalam pengembangannya, ITS Bekerja sama dengan Nokia dan Indosat Ooredoo 5G. Mobil pintar bernama ITS 5G Autonomous concept car ini merupakan prototype mobil listrik otonom.

Yakni, mobil listrik yang dapat berjalan sendiri tanpa pengemudi dengan bantuan kombinasi teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan Internet of Things (IoT).

Dengan teknologi tersebut, i-Car dapat melakukan tindakan canggih, seperti membantu pengemudi mengenali potensi bahaya, mencegah tabrakan, dan mengurangi risiko kecelakaan, serta mampu mengoptimalkan tenaga dari penggerak motor listrik.

Manager TIK-Robotika ITS Dr Ir Endroyono DEA mengatakan, program ini bisa berjalan karena ITS, Nokia, dan Indosat sepakat memperkuat kontribusi di bidang teknologi 5G.

Rencananya, i-Car tahap kedua tahun ini akan digunakan untuk menjadi transportasi commuter ITS.

"Jadi nanti mahasiswa kalau mau masuk dari gerbang naik i-Car pakai HP dia ingin ke fakultas mana, i-Car akan nganter," kata Endroyono kepada wartawan di Gedung Robotik, seperti yang dilansir dari Detikcom, Kamis 16 September 2021.

Menurut Person in Charge (PIC) program pengembangan 5G Experience Center dan i-Car ITS 5G Autonomous ini, i-Car baru akan dioperasikan ke jalan jika jaringan 5G sudah dilauncing dan jumlah tower BTS cukup banyak.

"Karena dia butuh data lingkungan. 5G kalau sudah tersedia dan rapet. Satu varian lagi, ITS sekarang jadi pusat mobil listrik, kita punya Gesit dan lainnya. Ke depan, Bus Suroboyo yang listrik itu akan kita outonomuskan. Untuk bus lebih gampang, karena bus ada di jalurnya sendiri," tambah Endroyono.

i-Car ke depan jaringannya akan lebih kuat jika sudah ada jaringan 5G. Sebab i-Care hanya tinggal disetir tanpa awak dan tidak memikirkan di depan ada pohon atau manusia.

"Jika manusia nyupir sudah hapal jalannya. Kalau i-Car sudah di level itu, dia tinggal memperhatikan mau kemana, di depannya ada apa, ngerem atau tidak ngerem tanpa memikirkan itu pohon atau orang," jelasnya.

Kalau sekarang i-Car masih belum bisa membedakan manusia dengan objek makhluk hidup lainnya, sehingga belum bisa mengambil keputusan yang tepat jika tidak sempat mengerem.

"Masih memikirkan di depan orang, kambing mirip orang. Kalau mobil pintar ketika disuruh milih, ketika harus ngerem ga sampai, nabrak orang atau nabrak kambing," jelasnya.

i-Car 5G tahun ini ditargetkan untuk mahasiswa, agar jika ke kampus tidak lagi jalan kaki. Mahasiswa bisa panggil i-Car, dijemput lalu diantar ke departemen masing-masing.

"Saat di departemen dia diem menunggu orang yang mau balik ke gate nanti diantar balik, i-Car mobil tanpa awak. Tapi di Indonesia catatan juga. Di Indonesia dan di dunia walaupun tanpa awak, tapi tetap ada kemudi. Kalau suatu saat mesin hang orang bisa pegang setir. Dan ini pertama di Indonesia," urainya.

Selain i-Car ITS 5G Autonomous, juga meresmikan ITS 5G Experience Center yang akan dimanfaatkan untuk mengembangkan inovasin dan riset.

President Director and CEO of Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama, sangat bersyukur dan bangga meluncurkan layanan Indosat 5G di Surabaya, sejalan dengan komitmennya untuk terus menjadi yang terdepan dalam revolusi 5G di Indonesia.

Teknologi ini akan membantu membuka banyak peluang bagi pendidikan, masyarakat, dan ekonomi daerah.

Sebagai hasil kolaborasi dengan ITS, Nokia, dan Universitas Oulu Finlandia, Indosat akan hadirkan 5G Experience Center yang canggih untuk melengkapi inovasi dan pengembangan konten use case lokal yang relevan dengan kebutuhan kota ini.

"Dengan dukungan penuh dari Pemerintah, Indosat Ooredoo terus mempercepat transformasi Indonesia menjadi bangsa digital dan berkemampuan 5G," kata Ahmad Al-Neama.

Sementara President Director Nokia Indonesia, KP Goh mengatakan, layanan 5G akan memunculkan berbagai use case unik yang menawarkan potensi untuk merevolusi industri, layanan publik, dunia mode, dan sektor kesehatan di Surabaya.

"Selain itu juga emenuhi pertumbuhan permintaan konten digital dan layanan hiburan melalui jaringan seluler. Kami senang dapat bekerja sama dengan Indosat Ooredoo, ITS, Universitas Oulu Finlandia, dan Kota Surabaya untuk mewujudkan kekuatan transformatif," pungkasnya.

KOTA TANGERANG
Jadwal Imsakiah 8 Ramadan 1445 H/ Selasa 19 Maret 2024 di Tangerang

Jadwal Imsakiah 8 Ramadan 1445 H/ Selasa 19 Maret 2024 di Tangerang

Selasa, 19 Maret 2024 | 00:04

Kementerian Agama (Kemenag) telah merilis jadwal imsakiyah Ramadan 1445 Hijriah untuk wilayah Tangerang.

AYO! TANGERANG CERDAS
Gen Z Makin Ogah Nonton TV, Undira Gelar Talk Show Soal Tantangan Industri Penyiaran

Gen Z Makin Ogah Nonton TV, Undira Gelar Talk Show Soal Tantangan Industri Penyiaran

Rabu, 6 Maret 2024 | 12:51

Universitas Dian Nusantara (Undira) menggelar talkshow mengusung tema “Peluang dan Tantangan Industri Penyiaran"

HIBURAN
Spesial Ramadan, Eudora Aesthetic Clinic Tawarkan Promo Ngabuburit Sambil Perawatan Kulit

Spesial Ramadan, Eudora Aesthetic Clinic Tawarkan Promo Ngabuburit Sambil Perawatan Kulit

Senin, 18 Maret 2024 | 18:32

Klinik kecantikan Eudora Aesthetic Clinic menawarkan promo perawatan kulit & tubuh selama Ramadan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill