Connect With Us

Facebook Bakal Mirip TikTok Gaet Remaja, Ini Fiturnya

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 24 Agustus 2022 | 20:20

Ilustrasi Facebook. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Facebook bakal menampilkan fitur menarik sebagai upaya menggaet pengguna terutama kalangan remaja. Fitur yang dihadirkan mirip dengan yang digunakan TikTok.

Seperti diketahui, Facebook pada medio 2000-an dianggap keren karena menjadi pintu awal masuknya banyak khalayak ke media sosial, terutama remaja.

Kini Facebook, yang sudah mengakuisisi Instagram pada 2012, malah ditinggal remaja. Sebabnya adalah keberadaan TikTok yang menawarkan sesuatu tidak dimiliki Facebook.

Facebook pun bakal menambahkan fitur News Feed yang sebelumnya berisi tentang teman dan keluarga, menjadi menunjukkan konten hiburan dari orang-orang berdasarkan algoritma dan rekomendasi Artificial Intelligence (AI).

Cara itu menyerupai umpan For Yor Page (FYP) besutan TikTok. Dorongan 'Discovery Engine' baru ini adalah siasat menjadi lebih seperti TikTok, untuk menggaet perhatian generasi muda ke Facebook.

Instagram dan Facebook akan menampilkan lebih banyak posting dari akun yang tidak diikuti pengguna.

Hal itu sesuai dengan arahan CEO Meta Mark Zuckerberg yang ingin menampilkan "lebih dari dua kali lipat" jumlah konten "yang direkomendasikan" di News Feed pengguna pada tahun depan.

Selama panggilan pendapatan kuartal kedua Meta pada hari Rabu, Zuckerberg mengungkap saat ini sekitar 15 persen konten yang ditampilkan kepada pengguna Facebook di feed mereka direkomendasikan oleh algoritmanya.

"Umpan sosial berubah dari didorong terutama oleh orang dan akun yang Anda ikuti menjadi semakin didorong oleh AI yang merekomendasikan konten yang menurut Anda menarik dari Facebook dan Instagram, bahkan jika Anda tidak mengikuti pembuatnya," kata Zuckerberg dikutip dari CNN Indonesia, Rabu, 24 Agustus 2022. 

Namun Zuckerberg mengeklaim jumlah ini akan meningkat menjadi lebih dari 30 persen pada akhir 2023.

"Ketika AI kami menemukan konten tambahan yang menurut orang menarik, yang meningkatkan keterlibatan dan kualitas umpan kami," lanjutnya.

TEKNO
Dinilai Ilegal, RT/RW Net Bisa Dipenjara 6 Tahun dan Denda Rp600 Juta

Dinilai Ilegal, RT/RW Net Bisa Dipenjara 6 Tahun dan Denda Rp600 Juta

Senin, 22 April 2024 | 19:03

Saat ini RT/RW Net tengah ramai dipersoalkan. RT/RW Net diketahui sebagai seseorang atau kelompok masyarakat yang menggunakan jaringan internet ISP, kemudian jaringan tersebut didistribusikan kembali ke warga setempat, namun dengan tarif tertentu.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

KOTA TANGERANG
KPU Kota Tangerang Buka Seleksi PPK Pilkada 2024

KPU Kota Tangerang Buka Seleksi PPK Pilkada 2024

Selasa, 23 April 2024 | 16:35

Seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kota Tangerang telah dibuka.

SPORT
Cetak Atlet Kelas Dunia, PLN Gelar Kejuaraan Voli

Cetak Atlet Kelas Dunia, PLN Gelar Kejuaraan Voli

Selasa, 23 April 2024 | 14:52

PT PLN (Persero) menggelar ajang PLN Mobile Proliga 2024, yakni turnamen voli profesional yang diharapkan akan mencetak atlet-atlet voli Indonesia berkelas dunia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill