Connect With Us

5 Tips Meningkatkan Customer Engagement Melalui WhatsApp

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 26 September 2022 | 20:33

| Dibaca : 166

Ilustrasi WhatsApp Business. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Ada berbagai aspek penting yang perlu diperhatikan dalam berbisnis, salah satunya adalah customer engagement, yakni interaksi pelanggan dengan merek bisnis.

Melalui interaksi tersebut, bisnis dapat memiliki wawasan penting terkait pelanggan dan kebutuhan mereka. Lalu, bagaimana cara meningkatkan customer engagement bisnis? 

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan customer engagement. Misalnya dengan memanfaatkan WhatsApp dengan sebaik mungkin.

WhatsApp merupakan aplikasi messaging yang populer di berbagai kalangan masyarakat. Artinya, WhatsApp bisa menjadi jembatan yang tepat untuk menghubungkan interaksi antara bisnis dengan pelanggan. 

Terlebih jika Anda menggunakan aplikasi WhatsApp yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang mendukung pelayanan berkualitas bagi pelanggan, seperti WhatsApp API.

Selain menggunakan WA API, Anda juga dapat menerapkan beberapa tips meningkatkan customer engagement melalui WhatsApp berikut ini:

 

1. Bangun brand voice yang kuat

Tips meningkatkan customer engagement yang pertama adalah membangun brand voice yang tepat dan kuat. Brand voice merupakan gaya bicara yang digunakan bisnis untuk menggambarkan keunikan atau ciri khas brand.

Brand voice yang kuat dapat membuat bisnis Anda berbeda dengan merek bisnis lainnya. Selain itu, brand voice juga dapat mempersonifikasikan merek, sehingga dapat dihubungkan dan diingat oleh pelanggannya.

 

2. Bagikan brand voice

Membangun brand voice saja tidak cukup apabila tidak ada orang yang mengetahuinya. Oleh sebab itu, Anda perlu membagikan brand voice kepada pelanggan dan target pasar dengan tepat.

Anda dapat menggunakan blast WhatsApp untuk membagikan brand voice ke pelanggan secara mudah dan tepat. Sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal.

 

3. Berikan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi

Tips meningkatkan customer engagement selanjutnya adalah memberikan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi. Dalam hal ini, WhatsApp memiliki peranan penting untuk membantu memberikan pengalaman yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda.

Anda dapat memanfaatkan WA blast untuk mengirimkan pesan yang dipersonalisasi, seperti mencantumkan nama pelanggan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa lebih dihargai dan memiliki pengalaman yang berkesan.

 

4. Buat konten berdasarkan riwayat pelanggan

Anda dapat menggunakan aplikasi WA blast untuk mengirimkan pesan berisi survei CSAT guna mengetahui umpan balik pelanggan. Kemudian, buat dan bagikan konten berdasarkan hasil survei, informasi, dan riwayat pelanggan yang telah Anda miliki. 

Misalnya seperti memberikan informasi yang menarik terkait minat dan kesukaan pelanggan. Selain itu, Anda juga dapat membuat sesi tanya jawab untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan Anda.

 

5. Lakukan relationship marketing

Cara meningkatkan customer engagement yang terakhir adalah dengan menggunakan relationship marketing. Mengingat, mmbangun hubungan antara merek dan pelanggan adalah cara yang pasti untuk mengubah mereka menjadi pendukung merek Anda.

Untuk itu, Anda dapat menggunakan relationship marketing atau pemasaran relasional untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan.

Manfaatkan fitur-fitur WhatsApp Business API untuk memaksimalkan relationship marketing bisnis, sehingga Anda tidak hanya menghasilkan customer engagement yang tinggi, tetapi juga memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan.

Itu dia beberapa tips meningkatkan customer engagement memulai WhatsApp yang bisa diterapkan pada bisnis Anda. Sebelum melakukan tips di atas, pastikan akun WhatsApp Anda telah menjadi WhatsApp API, untuk memeroleh customer engagement yang maksimal.

Anda dapat memeroleh API WhatsApp di Business Solution Provider (BSP) resmi seperti Mekari Qontak. Selain WhatsApp Business API, Mekari Qontak juga menyediakan berbagai solusi lain yang dapat mempercepat dan meningkatkan bisnis Anda. Jika Anda untuk mencoba, segera hubungi Mekari Qontak dan dapatkan WhatsApp Business API terbaik.

PROPERTI
Keren! Pesawat Aeromodelling Ramaikan Penutupan Porprov VI Banten

Keren! Pesawat Aeromodelling Ramaikan Penutupan Porprov VI Banten

Selasa, 29 November 2022 | 23:34

TANGERANGNEWS.com-Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten, yang dimulai sejak 20 November 2022 di Kota Tangerang telah resmi ditutup.

KAB. TANGERANG
2 Kelompok Pemuda Mau Tawuran di Tigaraksa Tangerang, 1 Bawa Celurit Ditangkap Polisi Langsung Bubar

2 Kelompok Pemuda Mau Tawuran di Tigaraksa Tangerang, 1 Bawa Celurit Ditangkap Polisi Langsung Bubar

Kamis, 8 Desember 2022 | 16:11

TANGERANGNEWS.com-Dua kelompok pemuda di Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, yang hendak tawuran, Rabu, 7 Desember 2022 malam, dibubarkan petugas Kepolisian setempat, setelah satu orang ditangkap membawa senjata tajam.

NASIONAL
Simak Cara Mudah Bayar Pajak Lewat Online

Simak Cara Mudah Bayar Pajak Lewat Online

Kamis, 8 Desember 2022 | 19:13

TANGERANGNEWS.com-Sebagai warga negara yang baik, tentunya dibebankan dengan kewajiban untuk membayar pajak. Termasuk juga di antaranya para pelaku usaha baik itu yang bergerak di bidang UKM atau sebuah perusahaan besar.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill